Selasa, 13 November 2012

Sosial Media



Banyak orang mengikuti perkembangan zaman seperti mereview film, berbagi musik, mencari informasi bahkan berjualan ataupun hanya mencari barang melalui sosial media. Oleh karena itu sosial media sekarang telah menjadi sesuatu yang tak terpisahkan oleh masyarakat khususnya masyarakat perkotaan. Tapi tahukah anda tentang seluk beluk dari sosial media ?

Pengertian Sosial Media

Menurut wikipedia, sosial media adalah sebuah media online, dengan para penggunanya bisa dengan mudah berpartisipasi, berbagi, dan menciptakan isi meliputi blog, jejaring sosial, wiki, forum dan dunia virtual. Blog, jejaring sosial dan wiki merupakan bentuk media sosial yang paling umum digunakan oleh masyarakat di seluruh dunia.
Sedangkan menurut Andreas Kaplan dan Michael Haenlein sosial media didefinisikan sebagai "sebuah kelompok aplikasi berbasis internet yang membangun di atas dasar ideologi dan teknologi Web 2.0 , dan yang memungkinkan penciptaan dan pertukaran user-generated content".
secara sederhana sosial media dapat disimpulkan sebagi suatu yang menggabungkan teknologi yang lebih mengacu kepada teknologi internet untuk menghubungkan orang satu ke yang lain dan menciptakan sebuah interaksi.

Karakteristik Sosial Media

Sosial media biasanya relatif ekonomis dan gampang di akses oleh siapapun yang ingin mempublikasi dan mengakses konten digital. Karakter utama dari sosial media adalah kemampuan untuk menjangkau semua lapisan masyarakat, tapi sosial media juga memiliki ciri lain yaitu :
  • Digemari, sosial media adalah teknologi yang mampu menjangkau khalayak global. Dengan sifatnya mereka terdesentralisasi, dan mereka dibedakan oleh beberapa fitur yang memfasilitasi produktivitas dan utilitas.
  • Mudah diakses, sosial media dibuat untuk orang banyak dan untuk bergabung dengan suatu produk sosial media tidak dibutuhkan biaya atau bahkan gratis.
  • Mudah digunakan, sebagian besar media sosial produksi tidak memerlukan keahlian khusus atau pelatihan, dengan kata lain siapapun dengan akses internet dapat memainkan ini.
  • on time, komunikasi di sosial media seketika seperti chat (biasanya keterlambatan hanya pemakailah yang tidak menjawab atau tak terkoneksi).
  • Tetap namun bisa berubah, lanskap media sosial dapat diubah hampir seketika oleh komentar atau mengedit.


Sejarah Sosial Media

Sosial media memiliki sejarah yang panjang dimana bemula dari bbs yang dimulai pada tahun 1978 hingga perkembanganya sekarang, sejarah panjang ini dapat dilihat dari gambar dibawah ini



Klasifikasi Sosial Media



Pengklasifikasian sosial media dapat dilakukan berdasarkan dari kegunaan fitur dan juga servis yang diberikan oleh sosial media. Adapun klasifikasi dari sosial media yaitu :
  • Tempat publikasi, dengan blog (contoh : Typepad, Blogger…), dengan wikis (contoh : Wikipedia, Wikia, Wetpaint…) dan jurnalisme warga ( contoh : Digg, Newsvine…)
  • Tempat berbagi, video (seperti YouTube, vimeo, dailymotion), gambar (seperti Flickr dan instagram), links (seperti del.icio.us dan Ma.gnolia), musik (seperti Last.fm dan iLike…), slideshows (seperti Slideshare), review produk (seperti Crowdstorm dan Stylehive…)
  • Tempat diskusi berupa forums (seperti PHPbb, vBulletin, Phorum…), forum video (seperti Seesmic), instant messaging (seperti Yahoo! Messenger, Windows Live Messenger, Meebo…) dan VoIP (Skype, Google Talk…)
  • Sebagai jaringan sosial (Facebook, MySpace, Bebo, Hi5, Orkut…) dan alat untuk membuat jaringan sosial (Ning)
  • Sebagai micropublication seperti Twitter, Pownce, Jaiku, Plurk, Adocu dll
  • Sebagai Social aggregation untuk lifestream ( seperti FriendFeed, Socializr, Socialthing!, lifestrea.ms, Profilactic…)
  • Sebagai Platforms untuk livecast hosting seperti Justin.tv, BlogTV, Yahoo! Live, UStream dll
  • Sebagai dunia virtual seperti Second Life, Entropia Universe, There ataupun yang 3D chats seperti Habbo dan IMVU
  • Tempat Permainan Social gaming platforms (sepert ImInLikeWithYou, Doof…), casual gaming portals (seperti Pogo, Cafe, Kongregate…) social networks enabeled games (seperti Three Rings, SGN) MMO (seperti Neopets, Gaia Online, Kart Rider, Drift City, Maple Story) and MMORPG (seperti World of Warcraft, Age of Conan…)


referensi :

Adams,Daniel., 2011, The History of Social Media, [online] (http://www.instantshift.com/2011/10/20/the-history-of-social-media/, diakses tanggal 13 november 2012)

Cavazza,Fred., 2008, Social Media Landscape, [online] (http://www.fredcavazza.net/2008/06/09/social-media-landscape/, diakses tanggal 13 november 2012)

Gbailey, Sheriff., 2012, INFOGRAPHIC: The History Of Social Media (1978-2012), [online] (http://sociable360.blogspot.com/2012/02/infographic-history-of-social-media.html, diakses tanggal 13 november 2012)

http://id.wikipedia.org/wiki/Media_sosial

http://stat.ks.kidsklik.com/statics/files/2012/09/1346684230832529220.png

1 komentar: