Sabtu, 31 Desember 2011

ngeblog

setiap melakukan sesuatu pasti dong ada alasan yang logis, ada penyebab ada akibat,
nah akhir" ini gw sering banget ngeblog , dan gw bertanya" . kenapa gw ngeblog ?
dan ternyata alasanya karena.. supaya gw bisa dapet pertanyaan kenapa gw ngeblog :p

tamat



#gaje total
catatan harian galau >_<
Selengkapnya...

kartu tanda pelajar

ini adalah cerita saat gw SMA, waktu itu gw masih kelas 1 dan masih polos,lucu,lugu dan bodoh tentunya ,sebelum gw cerita secara singkat gw akan kasih tau letak SMA gw, jadi gw SMA di dalam lingkungan komplek tentara udara halim perdanakusuma, untuk masuk kesana dijaga oleh seorang profos (buat yang gk tau, itu semacam polisi tapi untuk tentara) dan diwajibkan pakai helm saat naik motor (dimana" juga memang begitu peraturanya -__-) saat gw pulang sekolah, gw sama temen" gw mau ke rumah temen gw namanya yola (dia cwo walau sebagian orang yg dngr namanya seperti cwe) dia bawa mobil dan ada lagi temen gw namanya agung a.k.a kutil yang bawa motor , ok sebagian orang naik mobil dan gw karena gk muat maka gw ikut sama si kutil naik motornya

gw : "til helm cuman 1 ?"
kutil : "iy , yaudah naik aja nanti gw turunin lo di zona aman dah"
gw : "ok mamen, sip"

kalo sketsa kasarnya gini





itu zona hijau sebenarnya belokan tapi gw males banget gambarnya hehehe
ok niat kami adalah nurunin gw turun di zona aman lalu jalan kaki dan keluar dengan selamat gemah rimpah lo jinawi, tapi ya namanya masih labil apalagi si kutil yang hobbynya ngegas motor, gw diturunin di ZONA MERAH! depan markas tuh profos
dan si kutil lebih gilanya malah ngegas motor di depan profos

ok gw jalan dengan santai lewati profos dan gw di panggil . profos : "dek dek sini"
tersentak* dan gw akhirnya kesana dengan jalan sambil cari duit

lalu tuh profos introgasi gw dengan gaya tentara tentunya

profos : "kamu punya KTP?"
gw : "punya pak (saat itu umur gw padahal baru 13 tahun)"
profos : "coba kamu keluarkan"
gw mencari di tas lalu menunjukan ke profos
gw : "ini pak"
profos : "apa ini?"
gw : "ktp pak"
profos : "ktp apa ini ? "
gw : "kartu tanda perpustakaan"
gw yakin saat itu jiwa profos melihat kesal,iba,sedih melihat generasi setelahnya begitu aneh dan bodoh kyk gw :)) dan berfikir "memangnya saya mau minjem buku apa?"

lalu gw disuruh ke markas profos (kalo yg lupa tadi dimana anda bisa cari di googlemap atau tanya dora)

disana gw disuruh push 20x sama profos yang jaga disana
karena gw gendut banget waktu SMA dan skrng masih tetep gendut -__- dan push up gw itu bukan push up tapi ass up karena pantat gw yang naik dan yang lain tetep turun , itulah nasib orang gendut :)) #curhat

profos lain : "rumah kamu dimana ?"
gw menjawab dengan melas dan ingin dikasihani : "otista pak"
profos lain : "yaudah kamu pulang sana"

gk tau kenapa gw disuruh udahan padahal baru push up 2 kali, mungkin dia fikir rumah gw di otista bogor/bandung yang jauh atau mungkin rumah dia juga di otista, tapi saat gw gw melihat dia seperti pahlawan dan gw tersenyum kepadanya dan dia berkata "ngapain kamu senyum senyum,mau push up lagi?" dan gw pun langsung meninggalkan markas itu dengan hati riang gembira :))
Selengkapnya...

Kamis, 29 Desember 2011

awesome cooking channel!


*bingung mulai dari kata apa* intinya karena gw suka makan (terlihat dari badan gw) sehingga gw tertarik banget sama makanan termasuk cara memasak , bahkan dulu gw mau kuliah jadi koki tapi gw gk dibolehin sama ibu dan keluarga gw,singkat cerita gw lagi cari resep yang keren tapi juga simple , searching google dan gw menemukan link youtube yang berisi tentang acara memasak yang simple dan mudah, nama acaranya itu "sorted" .
kalo ngebayangin acara masak pasti tentang ibu" berclemek atau sexy atau bapak" yang masak, tapi ini lain. acara ini dibawakan oleh beberapa anak muda dengan 1 chef ben abbrrel belum lagi kalau ada bintang tamu cwe yang sexy" , wow banget hehehe


          
acara ini cocok banget buat mahasiswa dan orang" yang suka hal simple,cepet dan enak , mereka buat makanan enak tanpa harus repot dan cuman beberapa menit , kalau mau contoh resepnya bisa liat di youtube mereka contohnya cake in a mug :klik disini (gw pernah coba itu hahaha ) kalau mau lebih lagi, bisa check di website mereka klik disini , gw fikir ini acara masak yang keren , selamat mencoba all

Selengkapnya...

Sabtu, 24 Desember 2011

Cendrawasih di mata Garuda

Akhir tahun 2011 bumi cendrawasih kembali bergejolak untuk melepaskan diri dari cengkraman sang garuda , berawal dari konflik OPM dan kasus freeport yang memanaskan lagi rasa saling ketidakpercayaan antara cendrawasih dan sang garuda


gerakan opm papua

rasa saling ketidakpercayaan pusat dan "pengasingan" terhadap papua telah lama berlangsung yang disebabkan oleh diskriminasi dan pandangan negatif dari kurangnya pengetahuan terhadap apa itu papua


Tingginya diskriminasi terhadap Papua


koteka , primitif , terpencil ,perang suku dan warna kulit yang berbeda mungkin itu yang terlintas dibenak kebanyakan orang awam jakarta saat mendengar kata papua , sebuah pola fikir yang tertanam berlandaskan atas ketidaktahuan dan persepsi generasi muda yang dipengaruhi oleh persepsi negatif orang dewasa tentang papua , tak hanya orang awam bahkan pendiskriminasian dilakukan oleh orang berpendidikan terhadap papua , seperti komentar pak JK yang dikutip dari berita VOA indonesia

"Meskipun Jusuf Kalla berpandangan Papua merupakan bagian dari wilayah kedaulatan Indonesia, seperti kebanyakan rakyat Indonesia lainnya, ia berbicara tentang penduduk Papua yang memiliki budaya berbeda, di mana etos kerjanya buruk dan membuat mereka tergantung pada bantuan dari daerah-daerah lain di Indonesia. (info) "

sungguh sangat ironis memang, tak hanya yang tak berpendidikan namun sampai yang berpendidikan menilai negatif tentang bumi cendrawasih hanya karena perbedaan suku , budaya dan warna kulit yang masih menjadi penyebab utama rasa tak percaya antar pemerintah pusat dan papua sangat tinggi (info) . jika tindakan diskriminasi ini masih terus berlangsung maka tak akan ada titik temu antara Indonesia dan papua yang mungkin akan berujung pada lepasnya cendrawasih dari cengkraman sang garuda.

Dari tingkat diskriminasi yang tinggi antara papua dan pemerintah pusat yang tergambarkan diatas , pemerintah dan komunitas semestinya sudah mulai melakukan tindakan - tindakan untuk mengurangi pendiskriminasian terhadap papua , adapun beberapa hal yang dapat dilakukan untuk mengurangi pendiskriminasian terhadap papua seperti melalui pembelajaran aktif , penyuluhan , pertukaran pelajar dan lain sebagainya .

Seperti tindakan yang telah dilakukan oleh The Habibie Center yang bekerja sama dengan USAID dan Serasi yang mengadakan lokakarya pendidikan yang diselenggarakan di empat Sekolah Menengah Atas (SMA) di Jakarta dan juga di Papua. Dalam acara tersebut para siswa dibekali dengan materi pendidikan mengenai kemajemukan bangsa Indonesia, masyarakat dan sejarah Papua, stereotip dan media massa sebagai sarana komunikasi antar kelompok. Lokakarya pendidikan ini bertujuan untuk membangun kesepahaman yang lebih baik antara generasi muda di Jakarta dan di Papua. menurut direktur Eksekutif The Ridep Institute, Amirudin al Rahab mengungkapkan kegiatan ini sangat baik untuk membangun kesepahaman yang lebih baik antara generasi muda di Jakarta dan di Papua demi harmonisasi kehidupan berbangsa dan bernegara di masa mendatang.
Sejumlah pelajar yang mengikuti lokakarya pendidikan ini mengaku memiliki pandangan berbeda soal Papua setelah mengikuti kegiatan tersebut. contohnya seperti , Mira yang berkomentar, "Kalau Papua tadinya kita melihatnya cuma pulau pemberontak gitu tapi tahunya kalau kita lihat dalam-dalamnya gitu banyak banget keindahannya. Terus daya juang buat sekolah, anak-anaknya juga lebih tinggi dari kita yang hidup di kota. Perjuangan mereka yang namanya transportasi kan masih terbatas banget kemudian jalan berkilo-kilo daripada kita di sini kan gampang transportasinya." (info)


Septinus George Saa, putera Papua,
pemenang kompetisi "First Step to Nobel Prize in Physics"

mungkin dengan cara seperti di atas kita dapat mengurangi diskriminasi SARA ataupun peremehan terhadap papua dan menambah wawasan lebih mendalam terhadap papua . apalagi negara kita sangat menjunjung tinggi bhineka tunggal ika yaitu berbeda - beda namun tetap satu jua.

Olah potensi Papua,cara terbaik pemerintah jaga papua

Pemerintah saat ini seolah hanya menduduki papua agar tak keluar dari NKRI dengan menetapkan papua menjadi daerah otonomi sejak 2001 (info) walau kurang efektif (info) ataupun menempatkan TNI dan aparat, menurut saya seharusnya pemerintah harus lebih mengelola sumberdaya yang ada di papua sehingga warga papua merasa puas dan lebih makmur. Saat semua merasakan kemajuan kehidupan maka warga papua akan tetap bangga terhadap sang garuda dan mewujudkan papua yang mandiri.

 raja ampat

Tak perlu diragukan potensi papua, negeri sejuta keindahan alam yang belum tersentuh , mineral bumi yang melimpah , kebudayaan yang terpelihara dan terjaga, menjadikan papua memiliki potensi yang sangat besar bila dapat diolah dengan benar dan tepat yang akan menjadikan masyarakat papua hidup lebih sejahtera. Adapun potensi yang besar dapat kita lihat melalui situs resmi papua (http://www.papua.go.id/) , namun menurut saya , saat ini yang menonjol lebih kepada pariwisata dan pertambangan bumi cendrawasih

  • Potensi Pariwisata

Potensi pariwisata yang dimiliki provinsi ini hampir terlengkap di Indonesia. alam yang dimilikinya masih asli, budaya yang khas dan unik, minat khusus bahari yang tak kalah menarik dengan daerah lain di Indonesia bahkan mancanegara. beberapa wisata alam yang terkenal adalah Taman Nasional Lorentz (info) Taman Nasional Wasur di Merauke (info) , dan yang sedang naik daun adalah Raja Ampat (info). Selain wisata alam,papua juga memiliki pariwisata budaya seperti suku - suku papua atau juga yang terkenal adalah Festival Budaya Lembah Baliem (info) dan desa wisata.

 Festival Budaya Lembah Baliem

Namun sungguh sangat disayangkan, pemerintah belum mengelola dan menata dengan baik segala potensi pariwisata papua untuk menjadi obyek dan daya tarik wisata unggulan bagi kunjungan wisatawan, padahal jika kita lihat potensi pariwisata di papua sangat menjanjikan. Potensi wisata papua adalah sebuah wisata yang jarang ditemui di dunia seperti pada Taman Nasional Lorentz dimana terdapat salju abadi di tengah wilayah khatulistiwa , keanekaragaman biota laut kepulauan Raja Ampat , belum lagi suku yang menjaga budaya dan keaslian dan seharusnya pemerintah harus memaksimalkan potensi desa wisata (info), karena desa di papua memiliki suku - suku yang khas tidak dapat ditemui di wilayah lain.

  • Potensi Pertambangan

Potensi Pertambangan papua sangatlah besar dan telah diketahui sejak lama, mineral berharga tinggi seperti tembaga, emas , minyak dan lainnya (info) jika potensi sebesar ini disia-siakan akan menjadi sangat mubazhir tentunya , dalam hal ini pemerintah belum memaksimalkan potensi pertambangan, adapun pemerintah melakukan kerjasama kepada perusahaan asing seperti freeport sebagai pertambangan terbesar kedua di dunia dengan sistem bagi hasil, ini juga yang menjadi konflik tanah papua yang panjang karena menurut masyarakat papua pembagian keuntungan ini sangatlah tidak adil , dari situlah mulai bermunculan gerakan pemberontakan untuk membubarkan perusahaan asing.


pertambangan freeport

Pemerintah dalam hal ini harus segera turun tangan untuk menetralkan agar tidak ada perselisihan antara rakyat papua terhadap pemerintah dan perusahaan asing, memang sangat sulit untuk menetralkan konflik pertambangan yang terjadi di papua, dimana pemerintah, rakyat papua dan perusahaan asing memiliki pandangan masing - masing, namun jika ketiga elemen tersebut mencoba untuk saling mengerti tanpa mendiskriminasikan dan mengurangi rasa curiga maka bukan tidak mungkin jalan terbaik untuk menyelesaikan perselisihan dapat tercapai


Kesimpulan Dan Saran Penulis

Keteganggan antara cendrawasih dan garuda sebetulnya diakibatkan oleh hal mendasar yaitu masih adanya pengucilan atau penganaktirian yang didasari oleh hal yang seharusnya tidak perlu adalagi di negara sebesar ini yaitu SARA dan jauhnya wilayah pusat ke papua . dalam hal ini mari kita sama - sama lebih belajar untuk mengenal apa itu papua dan isinya sehingga kita tahu dan tidak mengucilkan papua .
Sudah saatnya pemerintah melakukan kebijakan dan langkah yang tepat untuk mensejahterakan bukan hanya memanfaatkan masyarakat papua. melalui potensi besar yang dimiliki papua ,pemerintah dapat mensejahterakan dan memandirikan masyarakat papua, Saat masyarakat papua merasakan dampak kenaikan taraf hidup, tidak adalagi pendiskriminasian, maka rasa untuk melepaskan diri dari Indonesia akan berkurang.

sumber :

Topik utama :

http://www.voanews.com/indonesian/news/Rasa-Tak-Percaya-antara-Pemerintah-dan-Warga-Papua-Masih-Tinggi-135923583.html Selasa, 20 Desember 2011

http://www.voanews.com/indonesian/news/Meskipun-Sama-sama-Otonomi-Papua-Berbeda-dengan-Aceh-136031598.html
Rabu, 21 Desember 2011

sumber penguat

http://www.voanews.com/indonesian/news/Indonesia-Harus-Maksimalkan-Pengembangan-Desa-Wisata-135821073.html

www.google.com

http://id.wikipedia.org/wiki/Otonomi_khusus_Papua

http://www.papua.go.id/

http://www.dephut.go.id/INFORMASI/TN%20INDO-ENGLISH/tn_lorentz.htm

http://www.dephut.go.id/INFORMASI/TN%20INDO-ENGLISH/tn_wasur.htm

http://www.indonesia.travel/id/destination/248

http://wisatapapua.wordpress.com/wisata-provinsi-papua/festival-lembah-baliem/

http://distamben.papua.go.id/news.htm

Selengkapnya...

Jumat, 16 Desember 2011

2012 : Hadapi penulisan ilmiah dengan koneksi internet juara!

Pada tahun 2012 nanti saya adalah seorang mahasiswa semester enam di sebuah universitas swasta, pada semester ini para mahasiswa diwajibkan untuk membuat sebuah penulisan ilmiah tentunya sesuai dengan jurusan yang di ambil. Oleh karena itu resolusi terbesar saya di tahun 2012 adalah menyelesaikan penulisan ilmiah dengan lancar namun juga harus memiliki nilai yang baik dan memiliki isi yang berbobot

Bukan rahasia lagi jika penulisan ilmiah , skripsi atau sejenisnya merupakan ganjalan atau sebuah tantangan tersendiri bagi para mahasiswa, dimana para mahasiswa dituntut membuat sesuatu dari apa yang selama ini telah dipelajari.
salah satu hal dasar untuk membuat sebuah penulisan ilmiah adalah mencari segala informasi yang dibutuhkan . Di zaman sebelum internet menyebar luas mungkin sangat sulit untuk mencari dan mengumpulkan informasi yang di butuhkan , kita harus mencari buku ke tempat yang belum tentu ada buku yang dicari ataupun meminjam salinan tulisan dari dosen atau teman , namun dengan perkembangan internet di era sekarang  yang begitu cepat, semuanya dapat menjadi lebih mudah, efisien dan tepat , semua bahan materi dapat dicari di internet apalagi jaringan internet merupakan kumpulan informasi yang mendunia bukan hanya indonesia sehingga banyak referensi untuk mendapatkan informasi yang dibutuhkan . Jika kita ingin membeli perkakas yang mengharuskan untuk pergi jauh demi mendapatkannya , sekarang dapat dengan mudah kita beli , contohnya buku, kita dapat masuk ke situs toko buku lalu mencari buku yang tepat di internet lalu ke toko buku dengan tujuan yang jelas atau cara lebih mudahnya kita dapat membelinya secara online, tanpa ongkos hanya di rumah diam dan menunggu kiriman buku , sangat mudah,tidak memakan waktu banyak dan biaya . saya pun dapat tetap melakukan diskusi dengan dosen atau teman tentang masalah yang saya hadapi dalam membuat penulisan ilmiah ini melalui penghubung, seperti jejaring sosial ataupun aplikasi chatting yang merebak akhir - akhir ini .

 
Namun pasti ada satu titik dimana penulisan ilmiah ini menjadi sangat membosankan ,saya pun memiliki cara agar menjauhkan diri dari kebosanan , karena telah lebih dari 5 tahun menggunakan speedy saya percaya dengan kualitas yang di milikinya , walau terkadang terjadi gangguan namun penangananya juga dapat diacungi jempol , seperti pada kebanyakan tugas, jika saya bosan maka saya akan browsing mencari info yang menarik di internet , mendownload musik,main game online,chatting dengan teman atau membuka youtube sangat cepat , 
Karena saya memakai speedy modem wifii ,jika saya bosan mengerjakan di kamar maka dapat pindah ke ruang tamu atau teras rumah,sehingga memberikan suasana yang berbeda untuk mendapatkan inspirasi. begitulah cara saya agar saya dapat menjernihkan fikiran saya dalam membuat penulisan ilmiah.

Dengan koneksi internet yang cepat, insyallah penulisan ilmiah saya dapat dikerjakan dengan baik,tepat waktu dan mendapatkan nilai yang bagus , koneksi internet juara untuk resolusi juara ku!


Selengkapnya...

Rabu, 30 November 2011

atap kereta II

ini adalah lanjutan motivasi kenapa orang memilih naik di atap kereta ,


 para mafioso :



 para geeks :




 untuk seorang bisnisman :



 untuk seorang seniman :


 untuk orang yang bergelut di politik



 untuk para ... (susah di jabarkan) :


Selengkapnya...

Selasa, 29 November 2011

super fast housekeeper

di rumah gw punya bibi , dia orang yang ngebantuin pekerjaan keluarga gw (red:pembantu ) dan ini pembantu pp(pulang pergi) selama semua bibi yang kerja di rumah gw, bibi gw ini adalah super fast housekeeper yang pernah ada
entah kenapa bibi gw ini datang dan pulangnya cepat dan sesuka hati , biasanya datang jam 7 - 9 (malah terkadang kalo gw bangun tidur tentunya sehabis ibadah ,dia udah pulang -_-) , tapi semua kerjaan udah selesai seperti nyuci, jemur,gosok , kecuali nyapu dan ngepel karena dia melakukanya 2x sehari, padahal dia nyucinya gk pakai mesin cuci

mungkin kalo menurut gw , kenapa bibi gw bisa melakukan nyuci dan jemur dengan cepat , mungkin dia terinspirasi oleh d*hsyat, cuci cuci jemur jemur cuci cuci jemur jemur , atau malah pengen nonton d^hsyat jadi buru - buru -__- ,tapi pasti dia pulang cepet karena kangen sama keluarga

pesan gw buat pembantu - pembantu yang ingin cepat dalam mencuci dan menyeterika ,segeralah nonton d*hsyat dan sejenis agar anda dapat mencuci dan menjemur dengan cepat XD
buat d*hsyat dan sejenis, buatlah tarian untuk nyapu,ngepel,masak agar orang - orang dapat lebih cepat dan senang melakukan hal itu XD

tapi gw selalu berterimakasih sama bibi,tanpa dia kamar dan rumah gw pasti berantakan, semangat ya kerjanya bi!

Selengkapnya...

Senin, 28 November 2011

atap kereta

kenapa banyak penumpang kereta naik di atap ? 

PERHATIAN! JANGAN COBA MELAKUKAN ADEGAN DIBAWAH
KARENA INI HANYA SEBUAH GAMBAR, BILA INGIN MELAKUKANYA HUBUNGI DOKTOR PSIKOLOGIS ANDA, MUNGKIN ANDA UDAH GILA!!!



mungkin alasanya karena :

untuk para labil :





untuk olahragawan :





untuk orang baik :






untuk anak - anak :





untuk para orang pintar :








ckckckc joke
lanjutan : atap kereta II
Selengkapnya...

Senin, 14 November 2011

Sisi negatif jika selalu bergantung pada internet

Gambar di samping menunjukan bahwa internet pada era modern ini sudah sangat susah di pisahkan bagi kita masyarakat di kota - kota besar karena memudahkan kita dalam kehidupan, namun setiap dampak positif pasti juga memiliki dampak negatif, inilah beberapa dampak negatif bagi mereka yang sangat bergantung atau addict terhadap internet

1 . Berfikir bahwa "Segalanya ada di internet" dan saat internet tidak ada mereka tak bisa apa - apa

ini adalah dampak yang membuat orang yang kecanduan berfikir seperti itu, mereka selalu menanyakan hal - hal apapun kepada internet walaupun tidak tau siapa penulis atau pempost artikel atau jawaban tersebut , namun saat ia tidak memiliki internet maka ia malas bertanya kepada orang lain












2 . Mengurangi daya kreatifitas
ada banya orang yang kecanduan internet dan mereka menjadi tidak berani mencoba hal baru , karena internet menjadi patokan mereka, sebelum mereka bertindak selalu bertanya dahulu ke internet

3 . Diperbudak oleh internet

dengan segala kemudahan dan informasi yang banyak maka dapat membuat manusia di perbudak oleh informasi dari internet ,jika internet berkata ini benar maka ia akan mengatakan itu benar, tanpa tau kebenaran dan siapa sumber penulis artikel itu

4 . Menimbulkan sifat anti sosial, kehidupan dunia maya lebih dari pada kehidupan dunia nyata

dimana mereka mulai mengabaikan orang - orang di sekelilingnya dan lebih memilih berhubungan dengan teman dunia maya, dan hati mereka menjadi dingin dan tidak perduli dengan apapun yang orang lain lakukan dan terjadi , seperti video berikut :



5 . Membuat manusia menjadi lebih galak ,di dunia maya manusia bisa mengeluarkan sifat pelampiasan dan melakukan cyberbullying

di dunia internet tidak jarang manusia baik dapat menjadi jahat karena tidak terlacak dan tidak secara langsung, dimana manusia dapat menjadi peran yang berbeda di dunia nyata bahkan menjadi liar, sehingga banyak yang menjadikan internet menjadi tempat pelampiasan kekesalan dan melakukan hal - hal tak terpuji di dunia internet yang sering kita sebut cyberbully seperti yang saya jelaskan pada artikel saya sebelumnya


6 . Kecanduan game online

bukan hanya merubah sifat orang, namun di dunia internet dapat juga menjadi sebuah candu yang sangat kuat seperti candu obat terlarang , salah satu candu yang sangat parah adalah candu game online, dimana game online di setting sedemikian rupa agar membuat user (pemakai) menjadi sangat kecanduan, tidak jarang orang yang kecanduan ini sampai bebuat kriminal di dunia nyata bahkan ada yang sampai mati karena bermain game , seperti artikel di bawah ini :  http://bit.ly/p2qroi

7 . Dekat dengan pornografi,kekerasan dan penipuan

internet tidak hanya memberikan suguhan yang berbobot namun di internet juga ada beberapa hal yang "terlarang" seperti situs pornografi ada lagi seperti kekerasan seperti penculikan dan penipuan - penipuan lainya


itulah beberapa hal yang menjadi sisi gelap internet, kita harus bijak saat memakai internet , terlalu bergantung pada internet dapat membuat teman - teman , keluarga anda hilang dan menyimpang untuk tidak menerima dunia nyata anda
Selengkapnya...

Mengelola keuangan pribadi dengan pemrioritasan kebutuhan


Sebagai seorang mahasiswa yang masih mendapatkan uang jajan bulanan dari orang tua, di butuhkan kemampuan untuk mengelola keuangan pribadi agar nanti uang yang didapatkan tidak kurang sampai akhir bulan , berikut ini cara pengelolaan keuangan pribadi saya

1 . Sisihkan sebagian uang saat mendapatkan uang jajan bulanan

simpan di tempat yang berbeda , ini sangat berguna bisa sebagai pembatas uang jajan untuk tabungan ataupun saat penting dan sangat membutuhkan uang, uang ini bisa di pakai

2 . Membuat perhitungan tentang biaya ongkos rumah ke kampus

bagi saya yang menggunakan kendaraan umum menuju kampus, maka saya sangat memikirkan berapa biaya yang di gunakan untuk biaya ongkos , yang di hitung dengan jumlah kali masuk ke kampus , adapun saya yang menggunakan kereta maka saya membeli tiket terusan satu bulan , sehingga tak usah memusingkan ongkos kereta perhari, dan biasakan berjalan kaki jika masih terjangkau

3 . Membeli kebutuhan dasar bulanan penunjang yang penting

kebutuhan dasar yang penting bagi saya seperti pulsa , pulsa merupakan suatu hal yang termasuk penting di era modern ini,karena dengan memiliki pulsa maka kita dapat melakukan keperluan kita. ada 2 cara :
a. jika sangat sibuk pilihlah operator yang memiliki paket bulanan . sehingga dapat terkontrol uang yang di keluarkan untuk kebutuhan ini atau
b. membeli pulsa seperlunya dan berhemat memakainya

setelah mendapatkan nomer 1,2 dan 3 , maka saya memiliki rumus , yaitu : uang jajan bulanan - uang sisih/tabungan - uang ongkos - kebutuhan dasar = jajan bersih

4 . Rencanakan pembagian uang jajan bersih perhari

setelah mendapatkan uang jajan bersih maka mulailah membagi uang jajan itu perhari , misal mendapatkan uang jajan bersih 500.000 maka bagilah dengan jumlah masuk ke kampus, maka bagilah dengan jumlah hari yang kamu lebihkan sendiri, misal masuk 25 hari maka bagilah 500.000 dengan 30 hari , agar memiliki pegangan uang jika terjadi apa - apa, dan bawalah selalu setengah uang tabungan di tempat yang berbeda agar bila terjadi apa - apa bisa dapat di gunakan , dan catat berapa pengeluaran lalu tabunglah sisanya

5 . Hemat ala mahasiswa

berhemat dalam bidang apa saja misal dalam bidang makan.ada beberapa hal yang saya sarankan
a . bawalah bekal dari rumah , karena itu dapat menghemat dan juga bersih
b . bila malas membawa bekal , pilihlah tempat makan yang murah,bersih dan sesuai selera
ingat berhemat bukan selalu harus pelit , namun tindakan ini dapat menekan angka pengeluaran yang tidak di butuhkan

6 . Jangan membeli barang yang tidak di butuhkan

7 . Jangan memaksakan diri untuk membeli barang yang tidak di butuhkan dan mudahlah berkata tidak untuk hal yang kurang dibutuhkan

8 . Jangan meminjam kepada teman bila sedang sangat tidak punya uang, karena itu akan berdampak panjang, lebih baik jujur kepada orang tua


9 . rajin - rajinlah bersedekahlah :)

inilah cara pengelolaan keuangan saya



Selengkapnya...

KALIMAT DAN UNSUR-UNSURNYA


Kalimat adalah satuan bahasa terkecil dalam wujud lisan atau tulisan yang mengungkapkan suatu pikiran yang utuh. Karena itu, kalimat dapat dilihat sebagai satuan dasar dalam suatu wacana atau tulisan. Suatu wacana dapat terbentuk jika ada minimal dua buah kalimat yang letaknya berurutan dan sesuai dengan aturan-aturan wacana.


2.1 KALIMAT DAN UNSUR-UNSURNYA

Suatu pernyataan merupakan kalimat jika di dalam pernyataan itu sekurang-kurangnya terdapat predikat dan subjek, baik disertai objek, pelengkap, atau keterangan maupun tidak, bergantung kepada tipe verba predikat kalimat tersebut. Suatu untaian kata yang tidak memiliki predikat disebut frasa. Untuk menentukan predikat suatu kalimat, dapat dilakukan pemeriksaan apakah ada verba (kata kerja) dalam untaian kata itu [Sugo97]. Selain verba, predikat suatu kalimat dapat pula berupa adjektiva dan nomina.

Dalam bentuk lisan, unsur subjek dan predikat itu dipisahkan jeda yang ditandai oleh pergantian intonasi. Relasi antar kedua unsur ini dinamakan relasi predikatif, yaitu relasi yang memperlihatkan hubungan subjek dan predikat. Sebaliknya suatu unsur disebut frasa jika unsur itu terdiri dari dua kata atau lebih—tidak terdapat predikat di dalamnya—dan satu dari kata-kata itu sebagai inti serta yang lainnya sebagai pewatas atau penjelas. Biasanya frasa itu mengisi tempat subjek, predikat, objek, pelengkap, atau keterangan. Relasi kata yang menjadi inti dan kata yang menjadi pewatas/penjelas ini dinamakan sebagai atributif. Contohnya sebagai berikut.

a) Anak kecil itu // pandai sekali.

Unsur anak kecil itu (subjek) yang menjadi intinya adalah anak karena dalam unsur itu anak tidak dapat ditiadakan dan kata itu dapat mewakili unsur subjek. Demikian juga, pandai sekali intinya adalah pandai karena kata pandai tidak dapat ditiadakan dan kata itu dapat mewakili unsur predikat. Contoh di atas merupakan kalimat karena terdapat dua unsur yang menjadi syarat dari suatu kalimat. Rangkaian kata anak kecil itu mewakili unsur subjek, sedangkan pandai sekali mewakili unsur predikat.

Jika dituliskan, kalimat diawali dengan huruf kapital dan diakhiri dengan tanda titik, tanda seru, atau tanda tanya. Dengan kata lain, untaian kata yang diawali dengan huruf kapital pada kata pertama dan diakhiri dengan tanda titik, tanda seru, atau tanda tanya adalah kalimat menurut pengertian kaidah ejaan.

Untuk mengecek apakah kalimat yang dihasilkan memenuhi syarat kaidah tata bahasa, perlu dikenal ciri-ciri subjek, predikat, objek, pelengkap dan keterangan. Kalimat yang benar harus memiliki kelengkapan unsur kalimat. Selain itu pengenalan ciri-ciri unsur kalimat ini juga berperan untuk menguraikan kalimat atas unsur-unsurnya.

2.1.1 Ciri-Ciri Subjek

Subjek adalah unsur pokok yang terdapat pada sebuah kalimat di samping unsur predikat. Dengan mengetahui ciri-ciri subjek secara lebih terperinci, kalimat yang dihasilkan dapat terpelihara strukturnya.

¨ Jawaban atas Pertanyaan Apa atau Siapa

Penentuan subjek dapat dilakukan dengan mencari jawaban atas pertanyaan apa atau siapa yang dinyatakan dalam suatu kalimat. Untuk subjek kalimat yang berupa manusia, biasanya digunakan kata tanya siapa.

¨ Disertai Kata Itu

Kebanyakan subjek dalam bahasa Indonesia bersifat takrif (definite). Untuk menyatakan takrif, biasanya digunakan kata itu. Subjek yang sudah takrif misalnya nama orang, nama negara, instansi, atau nama diri lain dan juga pronomina tidak disertai kata itu.

¨ Didahului Kata Bahwa

Di dalam kalimat pasif kata bahwa merupakan penanda bahwa unsur yang menyertainya adalah anak kalimat pengisi fungsi subjek. Di samping itu, kata bahwa juga merupakan penanda subjek yang berupa anak kalimat pada kalimat yang menggunakan kata adalah atau ialah.

¨ Mempunyai Keterangan Pewatas Yang

Kata yang menjadi subjek suatu kalimat dapat diberi keterangan lebih lanjut dengan menggunakan penghubung yang. Keterangan ini dinamakan keterangan pewatas.

¨ Tidak Didahului Preposisi

Subjek tidak didahului preposisi, seperti dari, dalam, di, ke, kepada, pada. Orang sering memulai kalimat dengan menggunakan kata-kata seperti itu sehingga menyebabkan kalimat-kalimat yang dihasilkan tidak bersubjek.

¨ Berupa Nomina atau Frasa Nominal

Subjek kebanyakan berupa nomina atau frasa nominal. Di samping nomina, subjek dapat berupa verba atau adjektiva, biasanya, disertai kata penunjuk itu.

2.1.2 Ciri-Ciri Predikat

Predikat juga merupakan unsur utama suatu kalimat di samping subjek Bagian ini khusus membicarakan ciri-ciri predikat secara lebih terperinci.

¨ Jawaban atas Pertanyaan Mengapa atau Bagaimana

Dilihat dari segi makna, bagian kalimat yang memberikan informasi atas pertanyaan mengapa atau bagaimana adalah predikat kalimat. Pertanyaan sebagai apa atau jadi apa dapat digunakan untuk menentukan predikat yang berupa nomina penggolong (identifikasi). Kata tanya berapa dapat digunakan untuk menentukan predikat yang berupa numeralia (kata bilangan) atau frasa numeralia.

¨ Kata Adalah atau Ialah

Predikat kalimat dapat berupa kata adalah atau ialah. Predikat itu terutama digunakan jika subjek kalimat berupa unsur yang panjang sehingga batas antara subjek dan pelengkap tidak jelas.

¨ Dapat Diingkarkan

Predikat dalam bahasa Indonesia mempunyai bentuk pengingkaran yang diwujudkan oleh kata tidak. Bentuk pengingkaran tidak ini digunakan untuk predikat yang berupa verba atau adjektiva. Di samping tidak sebagai penanda predikat, kata bukan juga merupakan penanda predikat yang berupa nomina atau predikat kata merupakan.

¨ Dapat Disertai Kata-kata Aspek atau Modalitas

Predikat kalimat yang berupa verba atau adjektiva dapat disertai kata-kata aspek seperti telah, sudah, sedang, belum, dan akan. Kata-kata itu terletak di depan verba atau adjektiva. Kalimat yang subjeknya berupa nomina bernyawa dapat juga disertai modalitas, kata-kata yang menyatakan sikap pembicara (subjek), seperti ingin, hendak, dan mau.

¨ Unsur Pengisi Predikat

Predikat suatu kalimat dapat berupa:

Kata, misalnya verba, adjektiva, atau nomina.
Frasa, misalnya frasa verbal, frasa adjektival, frasa nominal, frasa numeralia (bilangan).

2.1.3 Ciri-Ciri Objek

Unsur kalimat ini bersifat wajib dalam susunan kalimat aktif transitif yaitu kalimat yang sedikitnya mempunyai tiga unsur utama, subjek, predikat, dan objek. Predikat yang berupa verba intransitif (kebanyakan berawalan ber- atau ter-) tidak memerlukan objek, sedangkan verba transitif yang memerlukan objek kebanyakan berawalan me-. Ciri-ciri objek ini sebagai berikut.

¨ Langsung di Belakang Predikat

Objek hanya memiliki tempat di belakang predikat, tidak pernah mendahului predikat.

¨ Dapat Menjadi Subjek Kalimat Pasif

Objek yang hanya terdapat dalam kalimat aktif dapat menjadi subjek dalam kalimat pasif. Perubahan dari aktif ke pasif ditandai dengan perubahan unsur objek dalam kalimat aktif menjadi subjek dalam kalimat pasif yang disertai dengan perubahan bentuk verba predikatnya.

¨ Tidak Didahului Preposisi

Objek yang selalu menempati posisi di belakang predikat tidak didahului preposisi. Dengan kata lain, di antara predikat dan objek tidak dapat disisipkan preposisi.

¨ Didahului Kata Bahwa

Anak kalimat pengganti nomina ditandai oleh kata bahwa dan anak kalimat ini dapat menjadi unsur objek dalam kalimat transitif.

2.1.4 Ciri-Ciri Pelengkap

Pelengkap dan objek memiliki kesamaan. Kesamaan itu ialah kedua unsur kalimat ini :

Bersifat wajib ada karena melengkapi makna verba predikat kalimat.
Menempati posisi di belakang predikat.
Tidak didahului preposisi.

Perbedaannya terletak pada kalimat pasif. Pelengkap tidak menjadi subjek dalam kalimat pasif. Jika terdapat objek dan pelengkap dalam kalimat aktif, objeklah yang menjadi subjek kalimat pasif, bukan pelengkap. Berikut ciri-ciri pelengkap.

¨ Di Belakang Predikat

Ciri ini sama dengan objek. Perbedaannya, objek langsung di belakang predikat, sedangkan pelengkap masih dapat disisipi unsur lain, yaitu objek. Contohnya terdapat pada kalimat berikut.

a) Diah mengirimi saya buku baru.

b) Mereka membelikan ayahnya sepeda baru.

Unsur kalimat buku baru, sepeda baru di atas berfungsi sebagai pelengkap dan tidak mendahului predikat.

¨ Tidak Didahului Preposisi

Seperti objek, pelengkap tidak didahului preposisi. Unsur kalimat yang didahului preposisi disebut keterangan. Ciri-ciri unsur keterangan dijelaskan setelah bagian ini.

2.1.5 Ciri-Ciri Keterangan

Keterangan merupakan unsur kalimat yang memberikan informasi lebih lanjut tentang suatu yang dinyatakan dalam kalimat; misalnya, memberi informasi tentang tempat, waktu, cara, sebab, dan tujuan. Keterangan ini dapat berupa kata, frasa, atau anak kalimat. Keterangan yang berupa frasa ditandai oleh preposisi, seperti di, ke, dari, dalam, pada, kepada, terhadap, tentang, oleh, dan untuk. Keterangan yang berupa anak kalimat ditandai dengan kata penghubung, seperti ketika, karena, meskipun, supaya, jika, dan sehingga. Berikut ini beberapa ciri unsur keterangan.

¨ Bukan Unsur Utama

Berbeda dari subjek, predikat, objek, dan pelengkap, keterangan merupakan unsur tambahan yang kehadirannya dalam struktur dasar kebanyakan tidak bersifat wajib.

¨ Tidak Terikat Posisi

Di dalam kalimat, keterangan merupakan unsur kalimat yang memiliki kebebasan tempat. Keterangan dapat menempati posisi di awal atau akhir kalimat, atau di antara subjek dan predikat.

¨ Jenis Keterangan

Keterangan dibedakan berdasarkan perannya di dalam kalimat.

Keterangan Waktu

Keterangan waktu dapat berupa kata, frasa, atau anak kalimat. Keterangan yang berupa kata adalah kata-kata yang menyatakan waktu, seperti kemarin, besok, sekarang, kini, lusa, siang, dan malam. Keterangan waktu yang berupa frasa merupakan untaian kata yang menyatakan waktu, seperti kemarin pagi, hari Senin, 7 Mei, dan minggu depan. Keterangan waktu yang berupa anak kalimat ditandai oleh konjungtor yang menyatakan waktu, seperti setelah, sesudah, sebelum, saat, sesaat, sewaktu, dan ketika.

Keterangan Tempat

Keterangan tempat berupa frasa yang menyatakan tempat yang ditandai oleh preposisi, seperti di, pada, dan dalam.

Keterangan Cara

Keterangan cara dapat berupa kata ulang, frasa, atau anak kalimat yang menyatakan cara. Keterangan cara yang berupa kata ulang merupakan perulangan adjektiva. Keterangan cara yang berupa frasa ditandai oleh kata dengan atau secara. Terakhir, keterangan cara yang berupa anak kalimat ditandai oleh kata dengan dan dalam.

Keterangan Sebab

Keterangan sebab berupa frasa atau anak kalimat. Keterangan sebab yang berupa frasa ditandai oleh kata karena atau lantaran yang diikuti oleh nomina atau frasa nomina. Keterangan sebab yang berupa anak kalimat ditandai oleh konjungtor karena atau lantaran.

Keterangan Tujuan

Keterangan ini berupa frasa atau anak kalimat. Keterangan tujuan yang berupa frasa ditandai oleh kata untuk atau demi, sedangkan keterangan tujuan yang berupa anak kalimat ditandai oleh konjungtor supaya, agar, atau untuk.

Keterangan Aposisi

Keterangan aposisi memberi penjelasan nomina, misalnya, subjek atau objek. Jika ditulis, keterangan ini diapit tanda koma, tanda pisah (–), atau tanda kurang.

Perhatikan contoh berikut.

¨ Dosen saya, Bu Erwin, terpilih sebagai dosen teladan.

Keterangan Tambahan

Keterangan tambahan memberi penjelasan nomina (subjek ataupun objek), tetapi berbeda dari keterangan aposisi. Keterangan aposisi dapat menggantikan unsur yang diterangkan, sedangkan keterangan tambahan tidak dapat menggantikan unsur yang diterangkan. Seperti contoh berikut.

¨ Siswanto, mahasiswa tingkat lima, mendapat beasiswa.

Keterangan tambahan (tercetak miring) itu tidak dapat menggantikan unsur yang diterangkan yaitu kata Siswanto.

Keterangan Pewatas

Keterangan pewatas memberikan pembatas nomina, misalnya, subjek, predikat, objek, keterangan, atau pelengkap. Jika keterangan tambahan dapat ditiadakan, keterangan pewatas tidak dapat ditiadakan. Contohnya sebagai berikut.

¨ Mahasiswa yang mempunyai IP tiga lebih mendapat beasiswa.

Contoh diatas menjelaskan bahwa bukan semua mahasiswa yang mendapat beasiswa, melainkan hanya mahasiswa yang mempunyai IP tiga lebih.

2.2 KALIMAT TUNGGAL DAN PERUBAHANNYA

Dilihat dari unsur pembentuknya, kalimat itu dapat dibedakan atas kalimat tunggal dan kalimat majemuk. Bagian ini akan membahas kalimat tunggal beserta perubahannya.

2.2.1 Kalimat Dasar

Jumlah kalimat yang digunakan sebagai alat komunikasi tidak terhitung banyaknya. Namun kalimat yang tidak terbatas jumlahnya itu sebenarnya dapat dikembalikan kepada struktur dasar yang jumlahnya terbatas.

Dengan peniadaan unsur keterangan—baik keterangan kalimat maupun keterangan subjek, predikat, ataupun objek—akan ditemukan kalimat dasar yang merupakan struktur yang paling pokok [Sugo97].Peniadaan itu tidak berlaku untuk unsur yang pokok. Dengan kata lain, unsur subjek, predikat, objek, serta pelengkap tetap harus ada dalam struktur dasar.

2.2.2 Pola Kalimat Dasar

Berdasarkan keterangan sebelumnya, dapat ditarik kesimpulan bahwa kalimat dasar ialah kalimat yang berisi informasi pokok dalam struktrur inti, belum mengalami perubahan. Perubahan itu dapat berupa penambahan unsur seperti penambahan keterangan kalimat ataupun keterangan subjek, predikat, objek, ataupun pelengkap. Berdasarkan ciri-ciri yang dimilikinya, kalimat dasar dapat dibedakan ke dalam delapan tipe [Sugo97].

Kalimat dasar berpola SPOK

Kalimat dasar ini mempunyai unsur subjek, predikat, objek, dan keterangan; subjek berupa nomina atau frasa nomina, predikat berupa verba dwitransitif, objek berupa nomina atau frasa nominal, dan keterangan berupa frasa berpreposisi.

Kalimat dasar berpola SPOPel

Tipe 2 itu adalah kalimat dasar yang mempunyai unsur subjek, predikat, objek, dan pelengkap; subjek berupa nomina atau frasa nominal, predikat berupa verba dwitransitif, objek berupa nomina atau frasa nominal, dan pelengkap berupa nomina atau frasa nominal.

Kalimat dasar berpola SPO

Tipe 3 ini mempunyai unsur subjek, predikat, dan objek; subjek berupa nomina atau frasa nominal, predikat berupa verba transitif, dan objek berupa nomina atau frasa nominal.

Kalimat dasar berpola SPPel

Kalimat tipe 4 mempunyai unsur subjek, predikat, dan pelengkap. Subjek berupa nomina atau frasa nominal, predikat berupa verba intransitif, kata sifat dan pelengkap berupa nomina atau adjektiva.

Kalimat dasar berpola SPK

Kalimat dasar ini mempunyai unsur subjek, predikat, dan harus memiliki unsur keterangan karena diperlukan oleh predikat. Subjek berupa nomina atau frasa nominal, predikat berupa verba intransitif, dan keterangan berupa frasa berpreposisi. Contohnya adalah kalimat berikut.

¨ Saya berasal dari Palembang.

Kalimat dasar berpola SP (P: Verba)

Tipe 6 itu adalah kalimat dasar yang mempunyai unsur subjek dan predikat. Subjek berupa nomina atau frasa nominal dan predikat berupa verba intransitif, tidak ada objek, pelengkap, ataupun keterangan yang wajib.

Kalimat dasar berpola SP (P: Nomina)

Tipe 7 adalah kalimat yang memiliki unsur subjek dan predikat. Subjek berupa nomina atau frasa nominal dan predikat juga berupa nomina atau frasa nominal. Nomina predikat biasanya mempunyai pengertian lebih luas daripada nomina subjek dan berupa nomina penggolong (identifikasi).

Kalimat dasar berpola SP (P: Adjektiva)

Kalimat ini memiliki unsur subjek dan predikat. Subjek berupa nomina atau frasa nominal dan predikat berupa adjektiva. Unsur pengisi predikat itulah yang membedakan tipe 8 dari tipe 7 dan tipe 6.

2.2.3 Kalimat Aktif

Jika subjek suatu kalimat merupakan pelaku perbuatan yang dinyatakan pada predikat, kalimat itu disebut kalimat aktif. Oleh karena itu, kalimat aktif hanya terdapat pada kalimat yang predikatnya berupa verba aktif. Kalimat dasar yang termasuk kalimat aktif adalah kalimat dasar tipe 1, tipe 2, tipe 3, dan tipe 6. Kalimat aktif dapat dikelompokkan menjadi dua macam, yaitu kalimat aktif yang berobjek yang dinamakan transitif dan kalimat aktif yang tidak berobjek yang disebut intransitif.

Verba yang mengisi predikat kalimat aktif dinamakan verba aktif. Verba aktif umumnya ditandai oleh awalan me-, seperti menulis, membaca, membawa, mencatat, menyeberangi, dan melintasi.

2.2.4 Kalimat Pasif

Jika subjek suatu kalimat tidak berperan sebagai pelaku, tetapi sebagai sasaran perbuatan yang dinyatakan predikat, kalimat itu disebut kalimat pasif. Kalimat semacam ini merupakan kalimat ubahan dari kalimat aktif. Hal ini dilakukan dengan pengubahan unsur objek kalimat aktif menjadi subjek kalimat pasif. Pengubahan ini menyebabkan perubahan bentuk verba pengisi predikat, yaitu verba aktif menjadi verba pasif. Dengan demikian, kalimat pasif ini hanya terdapat dalam kalimat tipe 1 dan 2 serta tipe 3. Kalimat-kalimat tak berobjek (intransitif) tidak dapat dijadikan kalimat pasif sebelum diubah menjadi kalimat transitif.

Di samping ditandai oleh peran subjek sebagai sasaran, kalimat pasif itu ditandai pula oleh bentuk verba pengisi predikatnya. Di dalam bahasa Indonesia ada dua macam bentuk verba pasif, yaitu verba pasif berawalan di- dan verba pasif tanpa awalan di- plus pelaku.

Kalimat-kalimat aktif dapat dijadikan kalimat pasif dengan mengubah unsur objek dijadikan subjek, dan hal itu akan mengakibatkan perubahan bentuk verba predikat berawalan me- menjadi berawalan di-. Contohnya terdapat pada kalimat berikut.

Pengusaha itu meminjami ayah uang.

Kalimat aktif di atas kemudian diubah menjadi kalimat pasif :

Ayah dipinjami uang oleh pengusaha itu

Kalimat pasif yang berasal dari kalimat aktif dengan unsur pelaku pronomina persona (kata ganti orang) pertama, kedua, dan ketiga dapat juga memiliki bentuk yang berbeda dengan kalimat pasif di atas. Perbedaan ini terdapat pada predikat yang tidak berawalan di-. Verba pengisi predikat kalimat pasif ini adalah verba yang diperoleh dari verba aktif dengan menanggalkan awalan me-. Sebagai pengganti awalan di-, penanda verba pasif, digunakan pronomina persona atau nomina pelaku pada kalimat asal (kalimat aktifnya) seperti contoh ini.

Saya sudah mengirimkan lamaran ke kantor.

Kalimat aktif diatas kemudian diubah menjadi kalimat pasif dengan predikat tanpa awalan di- :

Lamaran sudah saya kirimkan ke kantor.

Bagian yang dicetak tebal di atas merupakan predikat kalimat. Pada kalimat pasif jenis ini, verba pasif tidak berupa sebuah kata, tetapi berupa gabungan dua kata, yaitu verba transitif tanpa awalan di- atau me- dan unsur pelaku yang dalam kalimat aktif berfungsi sebagai subjek.

Kalimat pasif juga dapat ditandai oleh predikat verba pasif yang berawalan ter-. Kalimat yang berpredikat veba berawalan ter- memperlihatkan bahwa subjek dikenai perbuatan yang dinyatakan oleh predikat dan mempunyai makna tidak disengaja. Contohnya terdapat pada kalimat berikut.

Kaki saya terinjak orang.

Di samping itu, kalimat pasif dalam pengertian tidak disengaja dapat juga ditandai oleh kata kena. Seperti dalam contoh berikut.

Mereka kena tipu orang .

Selain berciri verba berawalan di-, ter, dan kata kena, kalimat pasif ditandai oleh verba berimbuhan ke- -an. Verba jenis ini amat terbatas jumlahnya dan biasanya berhubungan dengan peristiwa alam, seperti kalimat berikut.

Anak-anak kehujanan sepanjang jalan.

2.2.5 Perluasan Unsur

Unsur kalimat, seperti subjek, predikat, objek, pelengkap, atau keterangan dapat diperluas sehingga informasi tentang unsur-unsur itu menjadi lebih lengkap. Perluasan ini diartikan sebagai pengubahan unsur dasar dengan penambahan, pemindahan, ataupun peniadaan. Pada penelitian yang dilakukan, penulis hanya melakukan perluasan unsur dengan melakukan penambahan unsur-unsur kalimat. Struktur pola kalimat masih tetap sama dengan pola kalimat dasar. Sedangkan peniadaan unsur kalimat tidak dilakukan karena kalimat yang diteliti adalah kalimat tertulis dan peniadaan unsur kalimat banyak terjadi di dalam penggunaan bahasa bentuk dialog (lisan).

¨ Perluasan Nomina

Nomina, baik yang berfungsi sebagai predikat, subjek maupun objek dapat diperluas dengan penambahan kata, frasa, atau anak kalimat. Penambahan ini dapat dilakukan dengan keterangan yang memiliki konjungtor yang atau tanpa konjungtor. Contoh perluasan nomina dengan konjungtor yang terdapat pada kalimat-kalimat berikut.

a) Mahasiswa yang pandai mendapat beasiswa

b) Perusahaan yang lemah sekali akan mendapat subsidi

c) Anak yang berbakat melukis itu mendapat bantuan berupa alat-alat lukis.

Perluasan dengan yang tersebut menunjukkan keterangan yang menjelaskan nomina yang menjadi subjek. Kadang-kadang konjungtor yang itu ditiadakan.

Nomina subjek atau objek dapat diperluas dengan keterangan penjelas tetapi tidak memakai konjungtor yang. Penambahan keterangan ini dapat dilakukan dengan menjajarkan saja unsur keterangan dibelakang subjek atau objek itu. Contohnya adalah sebagai berikut.

a) Karya tulis ilmiah remaja diperlombakan setiap tahun.

b) Buku petunjuk penulisan karangan ilmiah telah beredar.

¨ Perluasan Verba

Verba pengisi predikat kalimat dapat diperluas dengan penambahan kata atau frasa. Kata atau frasa ini memberi keterangan pada predikat. Misalnya keterangan aspek atau modalitas.

Keterangan aspek ditandai oleh kata seperti telah, sedang, akan, sudah, masih, belum yang menerangkan perbuatan yang terjadi pada predikat. Contohnya terdapat pada kalimat-kalimat berikut:

a) Pertandingan itu telah usai beberapa saat yang lalu.

b) Bintang bulutangkis masih belum berpindah dari Indonesia.

Keterangan modalitas menyatakan sikap pembicara, antara lain menyatakan kemungkinan, keharusan, atau kenyataan. Keterangan ini ditandai oleh kata ingin, hendak, mau, barangkali, harus, dan pasti. Kalimat contohnya terdapat di bawah ini.

a) Saya ingin belajar bahasa Indonesia dengan baik dan benar.

b) Saya harus benar-benar belajar.

2.3 KALIMAT MAJEMUK

Demi keefisienan, orang sering menggabungkan beberapa pernyataan ke dalam satu kalimat. Akibat penggabungan itu lahirlah struktur kalimat yang di dalamnya terdapat beberapa kalimat dasar. Struktur kalimat yang di dalamnya terdapat dua kalimat dasar atau lebih disebut kalimat majemuk. Berdasarkan hubungan antarkalimat dasar itu, kalimat majemuk dapat dibedakan ke dalam dua macam, yaitu kalimat majemuk setara dan kalimat majemuk bertingkat.

2.3.1 Kalimat Majemuk Setara

Struktur kalimat yang di dalamnya terdapat sekurang-kurangnya dua kalimat dasar dan masing-masing dapat berdiri sebagai kalimat tunggal disebut kalimat majemuk setara (koordinatif). Kalimat berikut terdiri atas dua kalimat dasar.

Saya datang, dia pergi.

Kalimat itu terdiri atas dua kalimat dasar yaitu saya datang dan dia pergi. Jika kalimat dasar pertama ditiadakan, unsur dia pergi masih dapat berdiri sendiri sebagai kalimat mandiri. Demikian pula sebaliknya. Keduanya mempunyai kedudukan yang sama. Itulah sebabnya kalimat itu disebut kalimat majemuk setara.

2.3.2 Kalimat Majemuk Bertingkat

Kalimat yang mengandung satu kalimat dasar yang merupakan inti (utama) dan satu atau beberapa kalimat dasar yang berfungsi sebagai pengisi salah satu unsur kalimat inti itu misalnya keterangan, subjek, atau objek dapat disebut sebagai kalimat majemuk bertingkat jika diantara kedua unsur itu digunakan konjungtor. Konjungtor inilah yang membedakan struktur kalimat majemuk bertingkat dari kalimat majemuk setara.

Pernyataan berikut menjadi kalimat majemuk bertingkat jika disisipi konjungtor misalnya ketika, karena, supaya, meskipun, jika, atau sehingga. Saya masuk, mereka diam.

Kalimat di atas merupakan kalimat majemuk setara. Tetapi, kalimat itu berubah menjadi kalimat majemuk bertingkat dengan penempatan konjungtor ketika.

Saya masuk ketika mereka diam.

Pada kalimat majemuk setara, masing-masing kalimat penyusunnya dapat berdiri sendiri sebagai kalimat tunggal. Sebaliknya pada kalimat majemuk bertingkat, kalimat penyusun yang didahului konjungtor seperti kalimat ketika mereka diam tidak dapat berdiri sendiri. Oleh karena itu, kalimat yang memiliki konjungtor semacam ini berfungsi sebagai anak kalimat pengisi salah satu unsur kalimat inti.

Anak kalimat pengisi unsur subjek atau objek kalimat transitif ditandai oleh kata bahwa. Hal ini dapat dilihat pada contoh berikut.

Bahwa pengurus inti harus segera dibentuk sudah dibahas pada rapat kemarin.

Kalimat majemuk bertingkat juga dapat berupa kalimat tunggal yang mengalami perluasan sekurang-kurangnya pada salah satu unsurnya misalnya pada unsur keterangan, subjek atau objek. Elemen yang berperan memperluas salah satu unsur kalimat ini merupakan anak kalimat dan diawali oleh konjungtor yang atau kata penunjuk itu. Contohnya adalah anak kalimat yang menyertai nomina dan berfungsi sebagai keterangan nomina tersebut. Nomina yang dapat diberi keterangan dapat berupa nomina yang berfungsi sebagai subjek, predikat atau objek. Perhatikan contoh kalimat berikut.

Perusahaan yang ingin mengajukan kredit harus mempunyai jaminan.

Anak kalimat yang ingin mengajukan kredit merupakan anak kalimat yang memberi keterangan nomina perusahaan yang berfungsi sebagai subjek kalimat di atas.

sumber : merangkum dari fotocopy dosen
Selengkapnya...

Balada jadi mahasiswa : note desktop dan tugas

challenge , berapa lama menaruh note di desktop ?

1 .tanya temen : tugas apa aja minggu ini ?
2 .tulis di note
3. ide download gadget note buat taro di desktop , biar bisa inget tugas
4. semangat download (sticky notes)
5. selesai download install
6. selesai install , bahagia
7. 1 menit setelah install masih bahagia
8. kok lama" mengangung pemandangan dan buat bad mood
9. bbrp menit setelah install , LANGSUNG UNINSTALL!! Selengkapnya...

Sabtu, 12 November 2011

Jenis Kepo berdasarkan jejaring sosial

yeah yeah iseng - iseng buat ginian (baca kurang kerjaan)



 
Selengkapnya...

KOMIK AYAM CACAT!!

Siapa yang tahu bahwa ayam itu asli dari bumi ? mungkin saja mereka adalah allien dengan jumlah yang begitu banyak , namun saat menginvasi bumi mereka gagal , dan berakhir seperti ini :



Film rekayasa pertarungan antara 2 species memang sudah ada dari dulu,
di dunia manusia normal ada Alien Vs Predator
di dunia manusia tidak normal ada Pocong Vs kunti
lalu di dunia ayam ada ?

Selengkapnya...

Contoh Iklan

Gambar ini adalah contoh iklan,di iklan ini di jelaskan Nama merk, keunggulan Merk dengan gambar ini , info pemasok dan segala yang membuat konsumen menjadi lebih tertarik, well ini bad ya hahaha

teman kelas saya punya contoh iklan yg lebih menarik, cek : http://superhugeblog.blogspot.com/2011/11/iklan-produk-kopi.html
 
Selengkapnya...

Senin, 07 November 2011

Penyajian Lisan


Ragam Pidato

I . Pendahuluan - peranan pidato –

Peranan pidato, ceramah, penyajian penjelasan lisan kepada suatu kelompok massa merupakan suatu hal yang sangat penting, baik pada waktu sekarang maupun pada waktu-waktu yang akan datang. mereka yang mahir berbicara dengan mudah dapat menguasai massa, dan berhasil memasarkan gagasan mereka sehingga dapat diterima oleh orang – orang lain. dalam sejarah umat manusi adapat dicatat betapa keampuhan penyajian lisan mengubah sejarah umat manusia atau sejarah suatu bangsa. penyajian lisan dapat berguna bagi masyarakat, bila kemampuan itu digunakan mengembangkan masyarakat dan suatu tingkat kebudayaan yang lebih tinggi dan lebih luhur. tetapi sebaiknya keahlian bicara itu menenggelamkan umat manusia beserta nilai-nilai dan hasil-hasil kebudayaannya yang telah di peroleh beratus tahun lamanya .

II . ISI

II.a Hubungan pembicara dan pendengar

Seorang tokoh dalam masyarakat seperti pemimpin,ketua ataupun mahasiswa harus punya kemampuan untuk menyajikan pikiran dan oral dengan baik di depan umum (pendengar ) agar tidak di jauhkan dari masyarakat , dan seorang yang menyampaikan lisan harus memperhatikan apa yang di sebut dengan sikap pendengar , seperti sikap apatis dan sikap bersahabat , ada pula beberapa hal khusus yang perlu di perhatikan oleh si pembicara yang disebut data – data khusus , beberapa data – data khusus seperti : pengetahuan pendengaran mengenai topik yang di bawakan beserta minat dan keinginan pendengar , sebab itu sebagai seorang mahasiswa harus berusaha pula memiliki kemahiran mengungkapkan pikiran secara lisan atau dengan singkat penyajian lisan, bukan saja menghendaki penguasaan bahasa yang baik dan lancar, tetapi disamping itu menghendaki pula persyaratan-persyaratan lain.

II.b Metode penyajian oral
Persiapan – persiapan yang diadakan pada waktu penyusun sebuah komposisi untuk di sampaikan secara lisan pada umumnya sama dengan persiapan sebuah kompesisi terlulis , namun terdapat beberapa perbedaan yaitu pada :
1. Dalam lisan harus memperhatikan gerak - gerik pendengar
2. Dalam lisan tidak ada kebebasan bagi pendengar untuk memilih yang mana yang akan di dengar dan tidak
Maka dari terdapat metode – metode penyajian oral,

Terdapat empat metode penyajian oral :
1. Impromptu (serta merta) : Dalam metode ini pembicara menggunakan cara spontantas (improvisasi), biasanya digunakan untuk pidato yang sifatnya mendadak dan disajikan menurut kebutuhan saat itu.
2. Ekstemporan : Metode ini merupakan jalan tengah, yakni uraian yang akan disajikan dipersiapkan dalam bentuk kerangka pidato, kemudian kerangka itu dikembangkan / disajikan dalam pidato.
3. Naskah : Dalam metode ini pembicara selalu membaca naskah yang telah dipersiapkan sebelumnya.
4. Menghafal (tanpa Teks) : Dalam metode ini pembicara membuat teks maupun ringkasan-ringkasan kecil yang kemudian disusun serta menghafalkannya.
II.c Persiapan Penyajian Lisan
Dalam garis besar, persiapan-persiapan yang dilakukan untuk sebuah komposisi lsan sama saja dengan menyiapkan komposisi tertulis.Tetapi dalam hal ini pembicara biasanya menghadapi suatu massa yang sudah diketahuinya terlebih dahulu. Sebab itu ada persoalan-persoalan yang harus mendapat perhatian pembicara untuk disiapkan dengan baik jauh sebelumnya. Persiapan-persiapan untuk penyajian lisan,data dilihat melalui ketujuh langkah berikut :
- Meneliti Masalah :

a. Menentukan maksud.
b. Menganalisa pendengar dengan situasi.
c. Memilih dan menyempitkan topic.

- Menyusun Kerangka pidato :
a. Mengumpulkan bahan pidato.
b. Membuat urutan-urutan teks pidato.
c. Menjelaskan isi dari pidato tersebut dengan jelas.

- Mengadakan Latihan :
a. Melakukan latihan sebelum melakukan pidato, guna menghasilkan suara yang tegas dan jelas.

III.d Menentukan Maksud dan Topik

Setiap tulisan selalu menentukan topic tertentu yang ingin disampaikan kepada para hadirin, dan mengharapkan suatu reaksi tertentu dari para pembaca atau pendengar. Reaksi dari para hadirin atas topic dan tujuannya akan langsung dilihat dan dialami pada waktu itu juga. Sebab itu dalam menentukan maksud sebuah uraian lisan, pembicara hraus selalu memikirkan tanggapan apa yang dinginkan dari para pendengar. Topik dan tujuan pertama-tama merupakan persoalan dasar bagi tema uraian dan wujud tema itu sendiri.


Penutup
Kemampuan berpidato yang baik sangat di perlukan oleh semua orang agar dapat mengeluarkan inspirasi dan pendapat secara langsung, pidato yang baik harus memiliki metode yang tepat agar membuat para pendengar tidak bosan dan mengerti apa yang di pidatokan karena itu sangat di butuhkan kerangka atau cara membuat pidato yang baik



Selengkapnya...

Minggu, 06 November 2011

CYBERBULLY

Perkembangan dunia maya atau yang lebih terkenal dengan cyberspace dewasa ini sangatlah cepat , dengan cepatnya perkembangan cyberspace apalagi dengan makin menjamurnya e-mail,chat dan jejaring sosial, maka ini semua semakin mempermudah untuk berkomunikasi dan berinteraksi dengan orang lain, namun setiap ada sisi positif disitu juga ada sisi negatif , Salah satu ancaman yang mungkin mengintai para penjelajah dunia maya adalah cyberbulliying. Ancaman ini akan makin menjadi-jadi jika korban atau calon korban tidak tahu tindakan tepat yang harus dilakukan untuk menyikapinya.untuk itu disini akan di bahas mengenai ruanglingkup , apa dan bagaimana cara pencegahan cyberbully


Sekilas Tentang Cyberspace

sebelum kita masuk pokok pembahasan utama, ada baiknya kita mengenal dahulu apa itu yang di maksud dengan dunia maya (cyberspace), berikut pengertian dunia maya yang di kutip dari :

Dunia maya (eng: Cyberspace) adalah media elektronik dalam jaringan komputer yang banyak dipakai untuk keperluan komunikasi satu arah maupun timbal-balik secara online (terhubung langsung). Dunia maya ini merupakan integrasi dari berbagai peralatan teknologi komunikasi dan jaringan komputer (sensor, tranduser, koneksi, transmisi, prosesor, signal, kontroler) yang dapat menghubungkan peralatan komunikasi (komputer, telepon genggam, instrumentasi elektronik, dan lain-lain) yang tersebar di seluruh penjuru dunia secara interaktif.

Kata "cyberspace" (dari cybernetics dan space) berasal dan pertama kali diperkenalkan oleh penulis novel fiksi ilmiah, William Gibson dalam buku ceritanya, "Burning Chrome", 1982 dan menjadi populer pada novel berikutnya, Neuromancer,

setelah kita sedikit mengetahui apa itu yang di maksud dengan cyberspace maka kita akan membahas apa itu cyber bully

Tentang
Cyberbully 


 
Apa Itu Cyberbully ?


Cyber bullying adalah segala bentuk kekerasan yang dialami anak atau remaja dan dilakukan teman seusia mereka melalui dunia cyber atau internet. Cyber bullying adalah kejadian manakala seorang anak atau remaja diejek, dihina, diintimidasi, atau dipermalukan oleh anak atau remaja lain melalui media internet, teknologi digital atau telepon seluler.
Cyber bullying dianggap valid bila pelaku dan korban berusia di bawah 18 tahun dan secara hukum belum dianggap dewasa. Bila salah satu pihak yang terlibat (atau keduanya) sudah berusia di atas 18 tahun, maka kasus yang terjadi akan dikategorikan sebagai cyber crime atau cyber stalking (sering juga disebut cyber harassment).

tindakan cyber bullying amat beragam. Bisa berupa pesan ancaman melalui e-mail, mengunggah foto yang mempermalukan korban, membuat situs web untuk menyebar fitnah dan mengolok-olok korban hingga mengakses akun jejaring sosial orang lain untuk mengancam korban dan membuat masalah.Cyber bullying pada umumnya dilakukan melalui media situs jejaring sosial seperti Facebook dan Twitter. Ada kalanya dilakukan juga melalui SMS maupun pesan percakapan di layanan Instant Messaging seperti Yahoo Messenger atau MSN Messenger. Anak-anak yang penguasaan komputer serta internetnya lebih canggih melakukan cyber bullying dengan cara lain. Mereka membuat situs atau blog untuk menjelek-jelekkan korban atau membuat masalah dengan orang lain dengan berpura-pura menjadi korban. Ada pula pelaku yang mencuri password akun e-mail atau situs jejaring sosial korban dan mengirim pesan-pesan mengancam atau tak senonoh menggunakan akun milik korban.
Cyber bullying lebih mudah dilakukan daripada kekerasan konvensional karena si pelaku tidak perlu berhadapan muka dengan orang lain yang menjadi targetnya. Mereka bisa mengatakan hal-hal yang buruk dan dengan mudah mengintimidasi korbannya karena mereka berada di belakang layar komputer atau menatap layar telelpon seluler tanpa harus melihat akibat yang ditimbulkan pada diri korban. Peristiwa cyber bullying juga tidak mudah diidentifikasikan orang lain, seperti orang tua atau guru karena tidak jarang anak-anak remaja ini juga mempunyai kode-kode berupa singkatan kata atau emoticon internet yang tidak dapat dimengerti selain oleh mereka sendiri. Harus diwaspadai bahwa kasus cyber bullying ini seperti gunung es. Korban sendiri lebih sering malas mengaku. Ini karena bila mereka mengaku biasanya akses mereka akan internet (maupun HP) akan dibatasi. Korban juga terkadang malas mengaku karena sulitnya mencari pelaku cyber bullying atau membuktikan bahwa si pelaku benar-benar bersalah. Ini menyebabkan munculnya kondisi gunung es tadi.


Pelaku dan Penyebab Cyberbullying :
Pelaku cyberbullying sendiri biasanya adalah anak-anak yang ingin berkuasa atau senang mendominasi. Anak-anak ini biasanya merasa lebih hebat, berstatus sosial lebih tinggi dan lebih populer di kalangan teman-teman sebayanya , adapun beberapa Motivasi Pelaku Cyberbullying antara lain :
  • karena marah dan ingin balas dendam,
  • frustrasi, 
  • ingin mencari perhatian
  • sekedar hiburan pengisi waktu luang
  • hanya ingin bercanda.
  • ingin menunjukan kekuatan
Sasaran Cyberbullying : 
Anak-anak atau remaja pelaku cyber bullying biasanya memilih untuk menganggu anak lain yang dianggap lebih lemah, tak suka melawan dan tak bisa membela diri.korbannya biasanya anak-anak atau remaja yang sering diejek dan dipermalukan karena penampilan mereka, warna kulit, keluarga mereka, atau cara mereka bertingkah laku di sekolah. Namun bisa juga si korban cyber bullying justru adalah anak yang populer, pintar, dan menonjol di sekolah sehingga membuat iri teman sebayanya yang menjadi pelaku. 

Bentuk Cyberbullying, yakni : 

adapun beberapa bentuk cyberbullying mencakup :
  • Trolling, yakni menggunakan tulisan yang menyakitkan dan memprovokasi, seperti menulis hal tak senonoh  dan semua tulisan yang sifatnya mampu membuat target sakit hati. 
  • Foto , mempost foto target yang memalukan atau menjelek - jelekan
  • Psikologis/Mental, mengancam atau diintimidasi
  • Hacking atau peretas  mengambil, membajak ID atau akun dan mengacak - ngacak akun tersebut
Akibat Cyberbullying :

dampak Cyber bullying yang berkepanjangan bisa mematikan rasa percaya diri anak, membuat anak menjadi murung, khawatir, selalu merasa bersalah atau gagal karena tidak mampu mengatasi sendiri gangguan yang menimpanya. Bahkan ada pula korban cyber bullying yang berpikir untuk mengakhiri hidupnya karena tak tahan lagi diganggu! Remaja korban cyber bullying akan mengalami stress yang bisa memicunya melakukan tindakan-tindakan rawan masalah seperti mencontek, membolos, lari dari rumah, dan bahkan minum minuman keras atau menggunakan narkoba.

Contoh Kasus Cyberbullying  :

seorang remaja bernama Natasha MacBryde yang bunuh diri pada bulan Februari 2011 lalu karena mengalami cyberbullying di situs Formspring. Gadis berusia 15 tahun tersebut sengaja berjalan di atas rel kereta api sekitar 150 meter dari tempat tinggalnya di Bromsgrove, Worcestershire, dan membiarkan dirinya tertabrak kereta yang melintas. Ibu gadis malang tersebut, Jane MacBryde, mengatakan bahwa putrinya mengalami bullying oleh sekelompok gadis di sekolahnya. Selain itu, Natasha juga menerima kekerasan verbal dari seseorang yang mengirimkan pesan beberapa jam sebelum kematiannya yang menyebutnya seorang pelacur dan menyuruhnya untuk bersikap lebih baik atau semua orang akan menjauhinya. Tak cukup sampai di situ, masih ada banyak orang yang mencaci dan mengolok-oloknya di internet setelah kematiannya. Atas kejadian ini, penyidik mengungkapkan bahwa sudah ada salah satu pelaku yang telah ditangkap dan dihukum.

Cara Mencegah Cyberbullying :


beberapa tips aman untuk menghindari cyber bullying :

  • Jangan merespon. Para pelaku bullying selalu menunggu-nunggu reaksi korban. Untuk itu, jangan terpancing untuk merespon aksi pelaku agar mereka tidak lantas merasa diperhatikan.
  •   Jangan membalas aksi pelaku. Membalas apa yang dilakukan pelaku cyberbullying akan membuat Anda ikut menjadi pelaku dan makin menyuburkan aksi tak menyenangkan ini.
  •   Adukan pada orang yang dipercaya. Jika anak-anak yang menjadi korban, mereka harus melapor pada orang tua, guru, atau tenaga konseling di sekolah. Selain mengamankan korban, tindakan ini akan membantu memperbaiki sikap mental pelaku.
  • Simpan semua bukti. Oleh karena aksi ini berlangsung di media digital, korban akan lebih mudah meng-capture, lalu menyimpan pesan, gambar atau materi pengganggu lainnya yang dikirim pelaku, untuk kemudian menjadikannya sebagai barang bukti saat melapor ke pihak-pihak yang bisa membantu.
  •   Segera blokir aksi pelaku. Jika materi-materi pengganggu muncul dalam bentuk pesan instan, teks, atau komentar profil, gunakan tool preferences/privasi untuk memblok pelaku. Jika terjadi saat chatting, segera tinggalkan chatroom.
  • Selalu berperilaku sopan di dunia maya. Perilaku buruk yang dilakukan, seperti membicarakan orang lain, bergosip, atau memfitnah, akan meningkatkan risiko seseorang menjadi korban cyberbullying.
  •  Jadilah teman, jangan hanya diam. Ikut meneruskan pesan fitnah atau hanya diam dan tidak berbuat apa-apa akan menyuburkan aksi bullying dan menyakiti perasaan korban. Suruh pelaku menghentikan aksinya, atau jika pelaku tidak diketahui bantu korban menenangkan diri dan laporkan kasus tersebut ke pihak berwenang.
  • Jangan berikan informasi pribadi Sebisa mungkin hindari menyantumkan informasi seperti kontak nomer, pin BlackBerry, atau alamat rumah di profil Twitter, Facebook, atau Blog. Proteksi juga akun Twitter dan Facebook kita. Sehingga, orang enggak sembarangan men-download foto-foto pribadi
  • gunanakan seperlunya , gunakanlah jejaring sosial atau situs - situs pribadi seperlunya
  • cek keamanan password , gunakanlah password yang sulit agar tidak mudah di hack
  • jangan memberi password pada orang lain walaupun itu teman dekat kita sendiri.
  •  jangan gampang percaya dengan berita atau kabar yang tidak jelas asal usuklnya di internet, apalagi jadi ikut-ikutan memforward ke orang lain.
 dunia maya atau cyberspace memang sudah sangat mendarah daging bagi kehidupan kita , namun dari semua itu kita harus tetap berhati - hati agar tidak salah atau menjadi sasaran orang yang ingin jahat terhadap kita
Selengkapnya...

kedudukan bahasa Indonesia sebagai bahasa nasional dan bahasa negara berserta fungsi - fungsinya


Disini akan di uraikan kedudukan bahasa Indonesia sebagai bahasa nasional dan bahasa negara berserta fungsinya
  

Sebagai Bahasa Nasional

Tanggal 28 Oktober 1928, pada hari “Sumpah Pemuda” lebih tepatnya, Dinyatakan Kedudukan bahasa Indonesia sebagai bahasa Nasional memilki fungsi-fungsi sebagai berikut :

1. Bahasa Indonesia sebagai Identitas Nasional.
2. Bahasa Indonesia sebagai Kebanggaan Bangsa.
3. Bahasa Indonesia sebagai alat komunikasi.
4. Bahasa Indonesia sebagai Pemersatu Bangsa yang berbeda Suku, Agama, ras, adat istiadat dan Budaya.

adapun penjelasanya :

1. Bahasa Indonesia sebagai Identitas Nasional.
Kedudukan pertama dari Kedudukan Bahasa Indonesia sebagai bahasa Nasional dibuktikan dengan digunakan nya bahasa indonesia dalam bulir-bilir Sumpah Pemuda. Yang bunyinya sebagai berikut :


Kami poetera dan poeteri Indonesia mengakoe bertoempah darah satoe, Tanah Air Indonesia.
Kami poetera dan poeteri Indonesia mengakoe berbangsa satoe,
Bangsa Indonesia.
Kami poetera dan poeteri Indonesia
mendjoendjoeng bahasa persatoean, Bahasa Indonesia.

2. Bahasa Indonesia sebagai Kebanggaan Bangsa.
Kedudukan kedua dari Kedudukan Bahasa Indonesia sebagai bahasa Nasional dibuktikan dengan masih digunakannya Bahasa Indonesia sampai sekarang ini. Berbeda dengan negara-negara lain yang terjajah, mereka harus belajar dan menggunakan bahasa negara persemakmurannya. Contohnya saja India, Malaysia, dll yang harus bisa menggunakan Bahasa Inggris.

3. Bahasa Indonesia sebagai alat komunikasi.
Kedudukan ketiga dari Kedudukan Bahasa Indonesia sebagai bahasa Nasional dibuktikan dengan digunakannya Bahasa Indonesia dalam berbagai macam media komunikasi. Misalnya saja Buku, Koran, Acara pertelevisian, Siaran Radio, Website, dll. Karena Indonesia adalah negara yang memiliki beragam bahasa dan budaya, maka harus ada bahasa pemersatu diantara semua itu. Hal ini juga berkaitan dengan Kedudukan keempat dari Kedudukan Bahasa Indonesia sebagai bahasa Nasional sebagai Alat pemersatu Bangsa yang berbeda Suku, Agama, ras, adat istiadat dan Budaya.

4. Bahasa Indonesia sebagai Alat pemersatu Bangsa yang berbeda Suku, Agama, ras, adat istiadat dan Budaya.
Agar semua bangsa indonesia memiliki bahasa pemersatu dalam berkomunikasi walaupun berbeda - beda asal,suku,ras dan adat


Sebagai Bahasa Negara

Pada tanggal 25-28 Februari 1975, Hasil perumusan seminar polotik bahasa Nasional yang diselenggarakan di jakarta. berikut fungsi dan Kedudukan bahasa Indonesia sebagai bahasa Negara adalah :

1. Bahasa Indonesia sebagai bahasa resmi kenegaraan.
2. Bahasa Indonesia sebagai alat pengantar dalam dunia pendidikan.
3. Bahasa Indonesia sebagai penghubung pada tingkat Nasional untuk kepentingan perencanaan dan pelaksanaan pembangunan serta pemerintah.
4. Bahasa Indonesia Sebagai pengembangan kebudayaan Nasional, Ilmu dan Teknologi.

adapun penjelasanya :

1. Bahasa Indonesia sebagai bahasa resmi kenegaraan.
Kedudukan pertama dari Kedudukan Bahasa Indonesia sebagai bahasa Negara dibuktikan dengan digunakannya bahasa Indonesia dalam naskah proklamasi kemerdekaan RI 1945. Mulai saat itu dipakailah bahasa Indonesia dalam segala upacara, peristiwa, dan kegiatan kenegaraan baik dalam bentuk lisan maupun tulis.

2. Bahasa Indonesia sebagai alat pengantar dalam dunia pendidikan.
Kedudukan kedua dari Kedudukan Bahasa Indonesia sebagai bahasa Negara dibuktikan dengan pemakaian bahasa Indonesia sebagai bahasa pengantar di lembaga pendidikan dari taman kanak-kanak, maka materi pelajaran yang berbentuk media cetak juga harus berbahasa Indonesia. Hal ini dapat dilakukan dengan menerjemahkan buku-buku yang berbahasa asing atau menyusunnya sendiri. Cara ini akan sangat membantu dalam meningkatkan perkembangan bahasa Indonesia sebagai bahasa ilmu pengetahuan dan teknolologi (iptek)

3. Bahasa Indonesia sebagai penghubung pada tingkat Nasional untuk kepentingan perencanaan dan pelaksanaan pembangunan serta pemerintah.
Kedudukan ketiga dari Kedudukan Bahasa Indonesia sebagai bahasa Negara dibuktikan dengan digunakannya Bahasa Indonesia dalam hubungan antar badan pemerintah dan penyebarluasan informasi kepada masyarakat. Sehubungan dengan itu hendaknya diadakan penyeragaman sistem administrasi dan mutu media komunikasi massa. Tujuan agar isi atau pesan yang disampaikan dapat dengan cepat dan tepat diterima oleh masyarakat.

4. Bahasa Indonesia Sebagai pengembangan kebudayaan Nasional, Ilmu dan Teknologi.
Kedudukan keempat dari Kedudukan Bahasa Indonesia sebagai bahasa Negara dibuktikan dengan penyebaran ilmu pengetahuan dan teknologi, baik melalui buku-buku pelajaran, buku-buku populer, majalah-majalah ilmiah maupun media cetak lainnya. Karena sangatlah tidak mungkin bila suatu buku yang menjelaskan tentang suatu kebudayaan daerah, ditulis dengan menggunakan bahasa daerah itu sendiri, dan menyebabkan orang lain belum tentu akan mengerti.

sumber : http://www.kaskus.us/showthread.php?t=7789911
Selengkapnya...