Sabtu, 10 November 2012

Daftar Pustaka Website

Mungkin sering kita disuruh oleh guru ataupun dosen untuk membuat sebuah makalah atau tugas - tugas yang dimana tugas itu didapatkan dari sebuah website. Di era sekarang sumber informasi dapat didapatkan tidak hanya dari media cetak namun lebih ke dunia online. Sebagai penyusun yang baik terdapat sumber dimana kita mendapatkan informasi yang secara tidak langsung berarti menghargai hasil karya orang lain, nah bila menulis daftar buku itu sudah banyak yang paham, bagaimana menulis daftar pustaka website ?

Sebenarnya ada banyak cara untuk menulis daftar pustaka pada website, dibawah ini beberapa cara penulisan daftar pustaka website :

Gaya penulisan APA (American Psychological Association)


Lentera Kecil. (2012, 17 Juni). Keterampilan Menulis Paragraf . Diperoleh 19 Juni 2012, dari http://lenterakecil.com/keterampilan-menulis-paragraf/

Gaya penulisan MLA (Modern Language Association)


“Keterampilan Menulis Paragraf.” Lentera Kecil. 17 Juni 2012. Web. 19 Juni 2012.

Gaya penulisan MHRA (Modern Humanities Research Association)


Lentera Kecil, ‘Keterampilan Menulis Paragraf ‘, Lentera informasi pendidikan dan pengetahuan Indonesia, 17 Juni 2012, [diakses 19 Juni 2012]

Gaya penulisan Chicago


Lentera Kecil, “Keterampilan Menulis Paragraf,” Lentera informasi pendidikan dan pengetahuan Indonesia, http://lenterakecil.com/keterampilan-menulis-paragraf (diakses 19 Juni 2012).

Gaya penulisan CBE / CSE (Council of Science Editors)


Lentera Kecil. Keterampilan Menulis Paragraf [Internet]. Lentera informasi pendidikan dan pengetahuan Indonesia, 17 Juni 2012, 10:55 UTC [dikutip 19 Juni 2012]. Tersedia dari: http://lenterakecil.com/keterampilan-menulis-paragraf.

Contoh gaya lain penulisan daftar pustaka dari internet:


Hermans, B., 2000, Desperately Seeking: Helping Hands and Human Touch, [online], (http://www.hermans.org/agents2/ch3_1_2.htm, diakses tanggal 25 Juli 2008 ) Lenterak, 2012, Keterampilan Menulis Paragraf, [pdf], (http://lentera.staff.um.ac.id/metopen/ Keterampilan Menulis Paragraf.pdf, diakses tanggal 19 Juni 2012 )

Dari file transfer protocol (kutipan yang diunduh melalui FTP)


Johnson-Eilola, Jordan. “Little Machine: rearticulating Hypertext Users.” FTP deadalis.com/pug cccc95/Johnson-eilola (diakses tanggal 10 Februari 1996)

Dari surat elektronik (Ratron / email)


Rahman, Afif. “Proposal Buku Sekolah Murah Meriah.” afif-r23@dodols.com (diakses tanggal 22 September 2009) Daftar pustaka Utorodewo, Felicia N. Bahasa Indonesia: Sebuah Pengantar Penulisan Ilmiah. Jakarta: Universitas Indonesia, 2007. (Dipakai di lingkungan UI) Jika nama atau waktu penerbitan tidak diketahui biasanya diganti dengan “____” Yang penting Judul artikel, URL (alamat artikel lengkap bukan homepage) serta waktu akses harus disebutkan. Jika perlu dapat menghubungi pemilik situs untuk meminta keterangan lebih jelas. Ternyata cara penulisan sayapun masih salah haha, semoga ini bermanfaat bagi kita semua,amin.

sumber :

lenterak, 2012, Penulisan Daftar Pustaka dari Internet, [online] (http://lenterakecil.com/penulisan-daftar-pustaka-dari-internet/, diakses tanggal 10 november 2012)

dhono, 2012, Contoh Daftar Pustaka dari Internet | Karya Tulis Ilmiah, [online] (http://dhono-wareh.blogspot.com/2012/02/contoh-daftar-pustaka-dari-internet.html, diakses tanggal 10 november 2012)

4 komentar: