Rabu, 14 November 2012

Friendster


Friendster adalah sebuah situs jejaring sosial yang menjadi "legend" oleh banyak orang dimasa lampau karena pada era-nya friendster atau yang lebih dikenal dengan fs ( read: ef-es) selayaknya facebook ataupun twitter dimasa kini, bahkan menjadi pioner untuk membuka sangat luas kepada masyarakat apa itu jejaring sosial. Nah bagaimanakah kabar friendster sekarang ini ?

Friendster sendiri didirikan oleh Jonathan Abrams pada tahun 2002 yang dirilis di Mountain View, California, AS. Friendster dahulu merupakan tempat kenalan dengan banyak orang yang telah memiliki fitur hampir sama seperti jejaring sosial sekarang seperti menambah pertemanan, mengirim pesan ( melalui message bukan chat ), berbagi media seperti media foto, video dan musik, membuat grup sesuai yang kita inginkan misal grup kelas, grup hobi dan lain - lain dan fitur legendaris yaitu "Who Viewed Me" dan "shoutout" dan tampilan latar pada profile yang dapat diubah - ubah. Tampilan friendster pada masa dulu seperti ini :

awal masuk situs :


home :

Dengan memboomingnya situs jejaring sosial ini juga menjadi sebuah boomerang kepada situs jejaring sosial ini, terbukti setelah jejaring sosial mendapat hati masyarakat maka munculah beberapa situs jejaring sosial seperti facebook dan twitter yang membuat kepopuleran friendster meredup hingga ditinggalkan dan dilupakan para pencintanya. Hingga pada tahun 2009 friendster dibeli 100% sahamnya oleh MOL Global Pte Ltd, sebuah perusahaan dari Malaysia. Setelah dibeli oleh MOL Global Pte Ltd mulai melakukan perubahan dan penambahan fitur, mereka "menghilangkan" senyum di logo FS dan merubah dengan awan hijau ,Selain itu tampilan awal dan home pada friendster juga berubah

logo




tampilan awal saat masuk friendster:


tampilan home :


Tidak hanya menggubah tampilan, friendster juga meluncurkan fitur Friendster “Do It Yourself” (DIY) Ads. re-desain ini diupayakan untuk menyaingi Facebook. DIY Ads hadir untuk digunakan para pengguna internet di seluruh dunia, terutama untuk kalangan bisnis. Mereka bisa memanfaatkan fitur ini dengan langsung mengunjungi alamat situs http://www.friendster.com/advertise/index.php. Dengan fitur ini, pelaku bisnis bisa mempromosikan produk dan layanan mereka ke lebih dari 100 juta pengguna Friendster di lebih dari 75 negara. Fitur ini juga memberikan pilihan pada pemasang iklan untuk mengarah audiens tertentu dengan menyeting data demografi, negara, usia, dan jenis kelamin. Dengan begitu, mereka bisa menyasar target audiens iklan dengantepat dan efektif. Mereka pun memiliki hak penuh dalam pengawasan isi pesan dan kreatifitas iklan mereka. Selain itu, iklan bisa dioptimalisasi sesuai dengan batas anggaran yang dikehendaki si pengiklan.
Seiring perkembanganya sekarang friendster lebih memilih menjadi sebuah sosial game media yang menambahkan banyak fitur game bahkan mengandalkan game daripada bersosialisasi, ini terlihat dari senboyan di logo baru mereka "living the game" dan tampilan awal friendster sekarang yang "menjual" game - game yang mereka miliki

logo :

awal masuk situs :



Tindakan ini mungkin dikarenakan seperti facebook yang masih mendapatkan hati akibat memliki fitur game yang "mengikat" user agar user tak pergi lari menggunakan twitter. Adapun hasilnya Menurut CEO Friendster Ganesh Kumar, sejak memperbanyak games, usernya mengalami peningkatan sekitar 50% per bulan. Mayoritas tetep dari negara-negara Asia Tenggara. Ada sekitar 50 jenis games online di Friendster yang bisa dimainin sambil chatting dan transaksi perlengkapan games. Salah satu andalan games yang jadi favorit adalah “BOOMZ” yang dimainkan sekitar 200.000 pemain bersamaan.
Dengan perubahan - perubahan yang ada ini maukah anda mencoba friendster lagi? jawaban itu terserah anda, namun friendster tetap menjadi sebuah situs jejaring sosial legendaris bagi orang - orang yang menikmati masa jayanya.

referensi gambar :

http://stat.kompasiana.com/files/2010/09/friendster-logo-gif.jpg
http://www.kejut.com/artikel/daftar_friendster/utama.jpg>
http://images.pebelee.multiply.com/image/1/photos/143/1200x1200/46/friendster.png?et=2OeJbxSVq0RA%2CIiPz22%2ChA&nmid=151354811
http://stat.kompasiana.com/files/2010/09/friendster-logo-detail.gif
http://stat.kompasiana.com/files/2010/09/friendster-new1.jpg
http://daenggassing.com/wp-content/uploads/2011/06/Friendster.jpg

referensi tulisan :

alfa, 2010, Apa Kabar Friendster?, [online], (http://media.kompasiana.com/new-media/2010/09/04/apa-kabar-friendster/, diakses tanggal 14 novemver 2012)
lova,2012, Apa Kabar “Friendster”? Jadi Situs Games Online?, [online], (http://media.kompasiana.com/new-media/2012/04/27/apa-kabar-friendster-jadi-situs-games-online/, diakses tanggal 14 november 2012)

warning : setelah membaca ini anda akan menuju www.friendster.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar