Rabu, 03 Oktober 2012

Global Positioning System

   Global Positioning System atau yang lebih sering kita sebut dengan GPS tentunya bagi berbagai kalangan sudah tidak asing lagi bahkan sudah ada yang memiliki ketergantungan akan fungsi dari GPS, seperti para pelancong yang sedang berpergian ke tempat yang belum pernah dikunjungi. Pada saat ini GPS-pun telah menjadi standar fasilitas yang harus ada untuk beberapa produk seperti pada kendaraan bermotor ataupun smartphone.

Sejarah GPS

   Lahirnya sistem GPS sendiri bermula dari pengembangan sistem navigasi berbasis satelit yang dikembangkan oleh US DoD= United States Department of Defense (Departemen Pertahanan Amerika Serikat) dan diberi nama NAVSTAR GPS. Pengelolaan Satelit tersebut dilakukan oleh 50th Space Wing Angkatan Udara Amerika Serikat dengan biaya perawatan mencapai angka sekitar US$750 juta per tahun, termasuk penggantian satelit lama, serta riset dan pengembangan.Pada awalnya GPS hanya diperuntukan untuk tujuan militer, namun karena manfaatnya yang begitu besar dalam mendeteksi posisi geografis (lintang, bujur, dan ketinggian di atas permukaan laut) siapapun atau apapun di muka bumi ini dengan tepat, bekerja non stop dan dapat bekerja di semua kondisi cuaca. Tidak ada biaya langganan atau biaya setup untuk menggunakan GPS, maka sejak tahun 1980-an GPS mulai dimanfaatkan secara lebih luas.

Cara Kerja GPS

   Satelit GPS melingkari bumi dua kali sehari dalam orbit yang sangat tepat dan mengirimkan sinyal informasi ke bumi. Penerima GPS menerima informasi ini dan triangulasi yang digunakan untuk menghitung lokasi pasti pengguna. Pada dasarnya, penerima GPS membandingkan waktu sinyal yang ditransmisikan oleh satelit dengan waktu yang telah diterima. Perbedaan Waktu akan memberitahu penerima GPS seberapa jauh satelit tersebut. Sekarang, dengan pengukuran jarak dari satelit, receiver (GPS) dapat menentukan posisi pengguna dan menampilkannya pada peta elektronik pada unit GPS.


 

Sebuah penerima GPS harus Mengunci sinyal satelit setidaknya tiga satelit untuk menghitung posisi 2D (garis lintang dan bujur) dan penelusuran pergerakan GPS unit (Tracking). Dengan empat atau lebih satelit di tampilan, receiver dapat menentukan posisi 3D ke pengguna (lintang, bujur dan ketinggian). Setelah pengguna posisi telah ditentukan, unit GPS dapat menghitung informasi lain, seperti kecepatan, arah, track atau jalur perjalanan, jarak perjalanan, jarak ke tujuan, waktu matahari terbit dan matahari terbenam dan banyak lagi.

Pemanfaatan GPS

   Secara umum GPS yang banyak digunakan GPS umum adalah GPS Tracker atau sering disebut dengan GPS Tracking adalah teknologi AVL (Automated Vehicle Locater). GPS Tracking memanfaatkan kombinasi teknologi GSM dan GPS untuk menentukan koordinat sebuah obyek, lalu menerjemahkannya dalam bentuk peta digital. Salah satu pemanfaatan GPS secara publik seperti sebagai navigasi untuk mencari tempat tujuan, menentukan letak suatau objek, dalam militer pesawat lawan, dalam transportasi seperti dalam perkeretaapian untuk menentukan letak kereta api. Adapun salah satu aplikasi yang memanfaatkan sistem GPS adalah google maps
sumber :

permana, lucky. "lebih jauh tentang gps" (http://cangkruk.com)
http://garmin.co.id . tentang GPS.
http://id.wikipedia.org . sistem pemosisi global.
www.google.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar