Sabtu, 14 Januari 2012

membuat pizza!

Seperti biasa bila tak ada orang rumah saya suka mencoba resep masakan, karena bisa leluasa ngeberantakin rumah hehehe, Saya adalah penggemar pizza dan sudah lama memang saya ingin mencoba membuat pizza sendiri dan karena harga pizza yang makin menguras kocek mahasiswa :(  dan akhirnya pada hari sabtu tanggal 14/1/12 saya dapat merealisasikan keinginan saya itu dengan didukung keadaan saat ibu yang sedang raker di bali dan adek yang sedang les dan pembantu sudah pulang (MERDEKA!) .
Sehari sebelumnya saya sudah mencari beberapa resep , dan saya mencoba resep dari link ini , resepnya adalah :

Roti pizza

Bahan :
600 gr tepung terigu (cakra 400 gr & segitiga 200 gr)
4 sdt ragi instan, mis : fermipan, saf instan
4 sdt gula pasir
2 sdt garam
60 cc minyak zaitun (olive oil) –> jangan diganti
300 cc air
1 butir telur

cara membuat :
1. Campur bahan-bahan kering (tepung, fermipan, gula, garam), aduk.
2. Masukkan telur, minyak zaitun, aduk.
3. Tambahkan air sedikit demi sedikit sambil diuleni sampai kalis.
(Tidak perlu terlalu lama, asal sudah dapat dibentuk dan tidak bergerindil).
4. Bulatkan adonan, taruh dalam wadah dan ditutup plastik, diamkan
kurleb 30 menit dalam lemari es sampai mengembang. (ini neh rahasianya dikembangkan di lemari es).
5. Keluarkan dari lemari es, kempiskan.
6. Bagi adonan menjadi 4 bagian (untuk loyang bundar diameter 22 cm), giling adonan hingga tipis.
7. Letakkan dalam loyang, tusuk dengan garpu bagian tengahnya, taburi
keju parut.
8. Beri topping (isian atas), saus pasta/saus spagheti, jamur kancing (iris tipis), bawang bombay, paprika, dan
isian lainnya sesuai selera. Taburi keju chedar parut, dan keju mozarela parut.
9. Panggang dalam oven dengan suhu 180 C selama 15-20 menit (sampai matang & keju mozarella meleleh).
10. Keluarkan, hidangkan selagi panas.

ok saya sudah mendapatkan resepnya dan membeli semua bahan , karena saya mahasiswa maka saya menyesuaikan dengan budget saya ada beberapa hal yang saya modifikasi , dan untuk yang tidak punya gelas takar , gunakanlah gelas belimbing dengan rumusan dapat dilihat disini

cakra 1kg = 11rb ,segitiga 1kg = 7rb ,fermipan = 3500 , gula pasir = ngambil di dapur  ,
garam = ngambil di dapur , disitu tertulis (olive oil) –> jangan diganti , tapi karena susah mencari di pasar dan di alfa harganya mahal maka saya ganti dgn mentega  yang ada didapur :)) , air & 1 butir telur ambilah dari dapur :))

total 21.5rb , dan saya sudah bahagia sekali dapat menekan pengeluaran keuangan , namun apa daya, trnyt topingnya mahal :( peperoni,sosis,keju(mozarella mahal bisa di ganti kraft yg cepet leleh cuman 20ribuanlah),ham,jagung,jamur = 61rb membuat pengeluaran membengkak menjadi 82.5 rb hahahah , tapi adonan yang jadi nanti dapat membuat 2 pizza medium

nih gambarnya :

adonan , tanpa mixer mengaduk maka gunakanlah tangan !! >_<


ini lagi dipanggang :


yang udah jadi : ?

lupa saya foto hehehe

akibat dari membuat pizza, saya seharian makan pizza , memang sih tanpa mozarella itu pizza aneh, tapi ini terasa sekali sensasi capeknya dan mengisi toppingnya serakah
buat temen",ibu",e'mak" selamat mencoba :D 



oh iya, setelah saya mencoba mencoba, trnyt lebih enak jika memakai terigu hanya : 300 gr tepung terigu (cakra 200 gr & segitiga 100 gr) lebih kerasa gitu :D

Tidak ada komentar:

Posting Komentar