Jumat, 08 Maret 2013

SI yang pernah dibuat

Artikel Ini dibuat untuk menjawab pertanyaan nomer tiga dari dosen Sistem Informasi Geografis adapun pertanyaanya adalah "Sistem informasi apa saja yang pernah Anda buat (baik aplikasi berbasis Web, dekstop, mobile, dsb)" pada artikel ini akan saya sebutkan beberapa sistem informasi non-mobile yang pernah saya ataupun saya beserta tim saat diperkuliahan sedangkan sistem informasi berbasis mobile kebanyakan yaitu sistem informasi berbasis pengetahuan dan dapat dilihat dengan mengklik link ini : selengkapnya. Pada Sistem Informasi berbasis web ini kebanyakan diantaranya adalah sistem informasi penjualan yang tentunya melakukan tahapan analisis dan perancangan.

Sistem Informasi penjualan tiket konser pada web
Ini merupakan analisa dan perancangan Sistem Informasi yang pertama saya buat beserta tim yang terdiri lima orang ( fahri, lanang, valdi dan zoggi ) tugasnya adalah membuat sistem informasi penjualan. Dengan pengetahuan yang masih kurang tentang analisa dan juga pembuatan web namun alhamdullilah kami mampu menyelesaikan tugas ini dengan baik, adapun program yang dipakai yaitu page web maker yang sangat mudah da cepat dan hanya di posting ke localhost, beginilah tampilan dari web penjualan tiket konser tersebut :



di web ini terdapat sistem penjualan tiket dimana user mengisi data - data yang dibutuhkan lalu memilih kelas mana dan cara pembayaran setelah itu pembeli mentransfer hingga batas waktu yang ditetapkan dan user akan menerima bukti pembelian untuk di print sebagai tiket konser nanti

Analisa dan perancangan Sistem Informasi penjualan tiket KRL jabodetabek
Setelah tugas pertama selesai bu febriani kembali memberikan tantangan pasa semester selanjutnya dan kali ini kami kembali diberikan tugas untuk menganalisa dan memperbaiki sistem yang sedang berjalan dan kamipun jatuh pada pilihan menganalisa penjualan tiket KRL jabodetabek adapun cara kami mengalisa ini adalah dengan membandingan sistem yang ada dengan sistem MRT di singapore kebetulan beberapa orang dalam kelompok kami pernah kesana. Pertama kami merumuskan masalah yang terjadi lalu mencari solusi - solusi untuk memecahkan dan merapikan sistem yang berjalan, tujuan kami disini selain untuk merapikan juga mengkoputerisasi sistem yang sekarang berjalan adapun alat yang dipakai adalah TVM ( Ticket Vending Machine ), database, komputer dan tiket elektronik yang keluar dari TVM. Selain dari hal pembelian tiket kami juga merancang arus keluar masuk penumpang dari arah peron.



Analisa dan perancangan Sistem Informasi pengadaan barang dan penjualan makanan pada rumah makan berbasis web dan android.
Tugas ini merupakan tugas pada semester tujuh saat itu saya bersama duvi beserta tim yang lain untuk membuat ini, kami ingin mengkonputerisasi sistem yang berjalan sehingga tidak terjadi kesalahan dalam pembayaran, memudahkan pembeli dan penjual. Cara pembelian yang baru ini adalah pelanggan memesan dengan android yang telah disediakan yang telah terkoneksi ke php sql bagian dapur dan keuangan begitupula bagian dapur dan keuangan serta manager. Dalam tugas kali ini kami membuat DFD, flowchart, bagan alir, tampilan pada smartphone android, rancangan sql dan php pada bagian keuangan dan dapur.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar