Selasa, 26 Oktober 2010

ORGANISASI



BAB I.
PENDAHULUAN
beberapa orang mungkin memiliki visi misi yang sama untuk mencapai satu tujuan tertentu, misal saja pada suatu perusahaan,tidak mungkin sebuah perusahaan besar dijalankan sendiri oleh seseorang,maka dibuatlah pembagian tugas kerja mulai dari bos,karyawan,ob,satpam dan penunjang lainya,maka suatu perusahaan tersebut bisa dikatakan sebagai organisasi
inilah tujuan dari pembuatan karya ilmiah ini yang bertujuan untuk menjelaskan tentang organisasi,memberikan wawasan tentang apa itu organisasi dan juga nilai yang memuaskan atas tugas ini.bila ada pengerjaan,teori atau kata – kata yang salah saya mohon maaf dan mohon mengkoreksi karya ilmiah ini

BAB II.

ORGANISASI

ada beberapa pertanyaan mendasar mengenai organisasi

1. apa sih itu organisasi?
2. Apa saja macam dan jenis organisasi ?
3. Bagaimana menerapkan organisasi dalam kehidupan?

Dari pertanyaan ini maka akan kita bahas satu persatu,suatu organisasi dapat diartikan sebagai berikut :

a. Pengertian Organisasi


a) Secara sederhana, organisasi adalah suatu kerjasama sekelompok orang untuk mencapai tujuan bersama yang diinginkan dan mau terlibat dengan peraturan yang ada.
b) Organisasi ialah suatu wadah atau tempat untuk melakukan kegiatan bersama, agar dapat mencapai tujuan yang telah ditetapkan bersama.
c) Ciri-ciri organisasi ialah: terdiri daripada dua orang atau lebih,ada kerjasama,ada komunikasi antar satu anggota dengan yang lain,ada tujuan yang ingin dicapai.
e) John D. Millet
Organisasi adalah sebagai kerangka struktur dimana pekerjaan dari beberapa orang diselenggarakan untuk mewujudkan suatu tujuan bersama (Organization is the structural framework within which the work of many individuals is carried on for the realization of common purpose).



Teori Organisasi

Teori organisasi adalah studi tentang bagaimana organisasi menjalankan fungsinya dan bagaimana mereka mempengaruhi dan dipengaruhi oleh orang-orang yang bekerja di dalamnya ataupun masyarakat di lingkup kerja mereka.
Teori organisasi Muncul pada abad 19 dilatarbelakangi oleh Revolusi Inggris dan lahirnya perusahaan raksasa di Amerika Serikat.
Evoluasi Teori Organisasi, terdiri atas:
a. Teori Klasik
Teori tipe organisasi (Birokrasi) oleh Max Weber (Sosiolog Jerman);
Teori manajemen Ilmiah oleh Fredrick Winslow Taylor (Amerika);
Teori administrative (prinsif-prinsif organisasi) oleh Henry Fayol (Prancis).
b. Teori Organisasi dan Manajemen Neo Klasik.
c. Teori modern.
d. Teori organisasi dan manajemen Jepang dan teori Z.

B.macam organisasi

SECARA FUNGSI :

1.Organisasi Niaga
PENGERTIAN : Organisasi yang tujuan utamanya mencari keuntungan
contoh : Macam-macam Organisasi Niaga : Perseroan Terbatas (PT),Perseroan Komanditer (CV), Firma (FA)‏,Koperasi
2.Organisasi Sosial
PENGERTIAN :Organisasi yang dibentuk oleh anggota masyarakat
Jalur pembentukan organisasi Kemasyarakatan : Jalur Keagamaan, Jalur Profesi,Jalur Kepemudaan ,Jalur Kemahasiswaan, Jalur Kepartaian & Kekaryaan
3.Organisasi Regional & Internationl
PENGERTIAN :
Organisasi Regional :organisasi yang luas wilayahnya meliputi beberapa negara tertentu saja
Organisasi Internasional : Organisasi yang anggota-anggotanya meliputi negara di dunia
Secara struktur organisasi :


C.Penerapan organisasi di masyarakat

Organisasi dapat diimpletasikan kepada kehidupan bermasyarakat,karena dapat memudahkan masyarakat dalam berinteraksi dan mengurus segala keperluan yang telah dibagi bagi tugas oleh beberapa bagian
Contoh :

Organisasi rukun tetangga dan rukun warga :




jadi dapat disimpulkan bahwa organisasi dapat mempermudah kita semua dalam berkihidupan



BAB III
Kesimpulan

Secara garis besar organisasi mempunyai tiga unsur yaitu orang-orang, kerjasama dan tujuan bersama-sama. Ketiga ketiga unsur tersebut saling berhubungan dan merupakan satu kesatuan.

Dari berbagai macam teori organisasi yang dikemukakan oleh para ahli, tiada satupun yang memiliki kebenaran mutlak.

Secara garis besar organisasi mempunyayi tiga unsur yaitu :

1. Manusia.
2. Kerjasama.
3. Tujuan bersama-sama.

dari ketiga unsur tersebut saling terkait dan mempunyai satu kesatuan. dari berbagai macam teori organisasi yang di kemukakan oleh para ahli tidak ada satu pun yang memiliki kebenaran mutlak. dan antara teori organisasi yang satu dengan yang lain saling melengkapi.

Pada dasarnya pengertian organissi dapat dibedakan menjadi 2 macam yaitu organisasi dalam arti ststis dn organisasi dalam arti dinamis. Terdapat hubungan yang erat antara manajemen , organisai dan metode (tata kerja). Manajemen , organisai dan tata kerja ketiganya diarahkan kepada tercapainya tujuan secara efisien.
Pada Teori Organisasi tidak ada satupun teori yang memiliki kebenaran mutlak. Masing-masing teori saling melengkapi.


IV
DAFTAR PUSTAKA

http://www.google.co.id/imglanding?q=bagan+struktur+organisasi+rt+rw&um=1&hl=id&client=firefox-a&sa=N&rls=org.mozilla:en-US:official&channel=s&biw=1280&bih=606&tbs=isch:1&tbnid=5dAxZHn9PsiSgM:&imgrefurl=http://puriinsani.com/wp/%253Fp%253D139&imgurl=http://puriinsani.com/wp/wp-content/uploads/2010/04/Puri-Insani.jpg&zoom=1&w=661&h=688&iact=hc&ei=CtTGTMXpIYK-vgPxzo20Dw&oei=CtTGTMXpIYK-vgPxzo20Dw&esq=1&page=1&tbnh=139&tbnw=134&start=0&ndsp=18&ved=1t:429,r:0,s:0
http://organisasi.org/pengertian_definisi_dan_arti_organisasi_organisasi_formal_dan_informal_belajar_online_lewat_internet_ilmu_manajemen
http://bungadit.blogspot.com/2009/11/macam-macam-organisasi.html
http://dhimaskasep.wordpress.com/2009/07/08/macam-macam-struktur-organisasi/

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar